Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
HUT KONI 15 Oktober 2020
Gubernur Sumsel H Herman Deru Bersama Bupati Kabupaten Lahat Cik Ujang
Gubernur Sumsel H Herman Deru Bersama Bupati Kabupaten Lahat Cik Ujang

Hadiri Paripurna HUT Kabupaten Lahat Ke 152 ,Herman Deru Kasih kado istimewa

SindoSumsel.com, LAHAT — Di Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lahat yang ke 152 tanggal 20 Mei 2021, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru memberikan  kado istimewa untuk percepatan pembangunan di kabupaten  tersebut. Adapun kado yang diberikan tidak tanggung-tangung yakni berupa Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) dengan besaran  mencapai  Rp. 94,3 Miliar.

Dengan telah digelontorkannya Bangubsus Gubernur di Tahun 2021 ini diharapkan  akan lebih mempercepat jalannya   pembangunan infrastruktur di  Kabupaten Lahat  diantaranya  jalan, jembatan hingga infrastruktur lainnya yang pada akhirnya akan  berdampak bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lahat.

“Dengan penuh rasa sukacita  dan rasa  bangga  kehadiran Saya  bersama Ketua TP PKK Sumsel Hj. Feby  pada peringatan HUT Kabupaten Lahat ke 152 kali ini. Saya  membawakan kado  istimewa berupa dana Bangubsus sebesar  Rp. 94,3  Miliar, semoga ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Lahat,” katanya saat menyampaikan sambutan pada sidang paripurna istimewa. DPRD Lahat dalam rangka  HUT Kabupaten Lahat ke 152 Tahun 2021, Kamis 20 Mei 2021.

Dikatakan Herman Deru, bantuan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi Kabupaten Lahat, menggingat APBD Kabupaten Lahat tidak begitu  besar sehingga berdampak belanja infrastruktur yang  minim.

“Saya melihat APBD Kabupaten Lahat tidak begitu besar tapi peruntukannya begitu banyak sehingga belanja infrastruktur cukup minim. Sebab itu melalui dana APBD ataupun Bangubsus inilah setiap Kabupaten dan kota  diberikan suntikan  dana guna percepatan pembangunan infrastruktur,” kata Herman Deru.

Dikempatan ini juga Herman Deru juga  menjawab keinginan masyarakat Kabupaten Lahat yang sudah lama menginginkan  kelanjutan pembangunan jembatan Lematang 2 guna memperluas aktivitas masyarakat. Terobosan ini dinilainya sangat baik dan bisa menjadi sarana dalam  akselarasi  penyebaran penduduk dan penyebaran usaha dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Baca :  Herman Deru Inginkan Para Insinyur di Sumsel Dapat Ciptakan Suatu Produk yang Mampu Mendorong Kemajuan Daerah

“Saya harap bantuan yang telah diberikan ini memberikan dampak yang baik bagi masyarakat Lahat,” ungkapnya.

Pada peringatan HUT kali ini, Herman Deru berharap dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi serta intropeksi  apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan guna mencapai  kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu dia meminta dalam pembangun daerah perlu adanya  kekompakan  antara Eksekutif dan  Legislatif dan unsur Forkopimda lainnya.

“Artinya dalam membangun daerah kita harus bersatu sehingga pembangunan yang diinginkan dapat terwujud, bahkan kekompakan itu juga  tidak hanya di Kabupaten Lahat tetapi juga kecamatan desa  hingga provinsi dan  tingkat pusat,” katanya.

Terkait dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh Kabupaten Lahat, Herman Deru berpesan   dalam pengelolaannya perlunya adanya perencanaan yang matang agar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat  dan tidak terjadi kerusakan ekosistem lingkungan hidup.

“Kekayaan alam sebanyak apapun tidak akan ada manfaat jika tidak dikelola oleh SDM yang mumpuni. Tapi yang mumpuni tanpa kepedulian juga akan sia- sia dan tidak bermanfaat, karenanya perlu kajian yang matang  sebelum bertindak,” tutupnya.

Sementara Bupati Kabupaten Lahat, Cik Ujang mengucapkan terima kasih atas bantuan yang terus digulirkan oleh Gubernur Herman Deru mulai dari tahun 2019 hingga saat ini. Meski anggaran Kabupaten Lahat di fokuskan pada Covid-19 namun pembangunan infrastruktur masih terus meningkat hal tersebut tak lepas dari dukungan Gubernur Sumsel.

“Terima kasih kepada pak Gubernur yang telah banyak membantu dengan kucuran dana Provinsi diantaranya pada Tahun Anggaran 2019 sampai 2020 sebanyak 58 kegiatan infrastruktur yang yang telah dirampungkan. Menelan dana kurang lebih Rp 200 miliar  diantaranya peningkatan jalan, rehap irigasi, pembangunan jembatan dan lainnya,” katanya.

Baca :  Herman Deru Ingatkan Bupati yang Baru Dilantik Fokus  Urusi Rakyat

Dia berharap Gubernur Sumsel akan  tetap  memberikan dukungan atau bantuan bagi Kabupaten Lahat.

“Besar harapan kami pak Gubernur tetap memberikan dukungan pembagunan dan penambahan alokasi dana melalui APBD Sumsel,” tutupnya.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Fitrizal Homizi atas nama seluruh warga Lahat juga  mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang terus memberikan perhatiannya menjadikan Kabupaten Lahat sebagai prioritas utama pembangunan infrastruktur guna mendukung pembangunan yang merata di Sumsel.

Menurut dia, melalui dana APBD Provinsi Sumatera Selatan ataupun bantuan khusus Gubernur (Bangubsus) banyak infarstruktur di Kabupaten Lahat yang mendapatkan penanganan seperti meningkatnya akses jalan, pembangunan jembatan, pengembangan irigasi dan pembangunan infrastruktur lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat Lahat.

“Kami harap pak Gubernur dapat terus membantu pembangunan di Kabupaten Lahat di berbagai sektor guna mendukung terwujudnya Sumsel Maju untuk Semua,” tutupnya.

Dilain pihak Anggota DPRD Sumsel Dapil 7, Alfrenzi Panggarbesi  atas nama warga Kabupaten  Lahat  juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Gubenur Herman Deru  yang luar biasa terhadap pembangunan Kabupaten Lahat.

“Salah satu wujud perhatian Gubernur Herman Deru  adalah selama  tiga tahun berturut-turut  sudah memberikan Bangub yang nilainya ratusan miliar. Bangub ini sangat membantu dan bemenfaat untuk membangun infrastruktur di Lahat demi meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.(*)

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *