Disiplin Diri adalah Kunci Keberhasilan Melawan Covid-19
HUT KONI 15 Oktober 2020
Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali menjalani  vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang dipusatkan  di Puskesmas Multi Wahana Komplek Perkantoran Kecamatan Sako Palembang, Kamis (28/1/21) pagi. 
Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali menjalani  vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang dipusatkan  di Puskesmas Multi Wahana Komplek Perkantoran Kecamatan Sako Palembang, Kamis (28/1/21) pagi. 

Herman Deru Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

SindoSumsel.com – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru kembali menjalani  vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang dipusatkan  di Puskesmas Multi Wahana Komplek Perkantoran Kecamatan Sako Palembang, Kamis (28/1/21) pagi.

Vaksinasi kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah penyuntikan vaksin Sinovac tahap pertama,  yang dijalani Herman Deru  bertepat di Puskesmas Gandus, Kamis (14/1) lalu.

Setidaknya ada empat meja yang menjadi tahapan yang harus dilewati Herman Deru dalam proses menjalani  vaksinasi dosis kedua vaksin Sinovac di Puskesmas Multi Wahana. Yakni  melakukan registrasi di meja pertama, dilanjutkan di meja kedua untuk skrining guna menentukan layak atau tidaknya divaksin.  Diteruskan dengan penyuntikan dosis kedua vaksin Sinovac di meja ketiga yang dilakukan oleh dr Trisna Warman, dan dilanjutkan dengan mengambil identitas diri di meja keempat.

Usai menjalani vaksinasi dosis kedua  ini, Gubernur Herman Deru menegaskan tidak ada yang berubah jika dibandingkan dengan pelaksanaan penyuntikan vaksin  pertama lalu, terutama yang terkait dengan urusan Standar Operasional Prosedur (SOP)-nya.

“Kalau menurut laporan dari petugas kesehatan, usai disuntik vaksin tahap pertama, tubuh kita mampu memproteksi diri mencapai 65 persen. Sedangkan pada dosis kedua ini meningkat menjadi 97 persen,” ungkapnya.

Baca :  Mawardi Yahya Sampaikan Jawaban Gubernur Terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel

Dia mengakui  banyak manfaat yang  dirasakannya usai menjalani vaksinasi. Salah satunya merasakan lebih percaya diri dan banyak lagi manfaat lainnya selain meningkatkan kekebalan tubuh dari  paparan  virus corona.

“Kita tetap saja  harus  menerapkan pola hidup sehat. Dengan pnerapkan 3M dengan ketat meskipun sudah di vaksin dosis kedua,” ucapnya.

Herman Deru  mengajak warga Sumatera Selatan  untuk ikut mendaftarkan diri di tempat layanan kesehatan terdekat agar bisa divaksin. Dan dia mewanti-wanti agar  tidak termakan informasi hoaks yang berkembang di masyarakat tekait dengan vaksin yang akan disuntikan petugas kesehatan.

“Tidak perlu ragu  atau takut untuk vaksin. Saya sudah divaksin, hingga ke tahap penyuntikan dosis kedua ini aman-aman saja,” tegasnya.

Dilain pihak, dr Trisna Warman   yang bertugas menyuntikan vaksin dosis ke dua pada  Gubernur Herman Deru mengucap syukur karena dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Pak Gubernur juga, tadi  tenang, aman dan tidak ada rasa nervous (grogi). Karena ini proses penyuntikan yang kedua juga,” ucapnya.

Baca :  Herman Deru Dukung Pemkot Palembang Benahi Infrastruktur

Dikatakan, dr Trisna sebelum melakukan penyuntikan, pihaknya melakukan briefing, mulai dari persiapan protokol kesehatan (prokes), penyiapan alat-alat kesehatan  serta melakukan simulasi agar pelaksanaan berjalan lancar.

“Setelah 30 menit di vaksin, kita lihat pak gubernur  aman-aman saja. Namun yang paling penting tetap menjaga gizi simbang,” ucapnya.

Untuk diketahui, jadwal  vaksinisasi tahap pertama di Indonesia akan berlangsung mulai Januari hingga April 2021 dengan prioritas utama diperuntukan bagi tenaga kesehatan, petugas publik dan lansia.  Sedangkan vaksinisasi tahap kedua  dijadwalkan  berlangsung pada April 2021 hingga Maret 2022. Dengan sasaran masyarakat rentan, daerah rentan resiko penularan tertinggi dan masyarakat kategori lainnya seperti pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin.(*)

 

About Miftahul Arzaq

Miftahul Arzaq
Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com

Check Also

Gubernur Sumsel H Herman Deru saat sambutannya usai pengambilan sumpah enam kepala daerah baru di Griya Agung Palembang, Jumat, (26/2/21).

Herman Deru Ingatkan Bupati yang Baru Dilantik Fokus  Urusi Rakyat

SindoSumsel.com – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru mengingatkan kepada kepala daerah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *