Herman Deru Minta Komisi IV dan V DPR Dorong Pembangunan Tanjung Carat On Schedule
Herman Deru Minta Komisi IV dan V DPR Dorong Pembangunan Tanjung Carat On Schedule

Herman Deru Minta Komisi IV dan V DPR Dorong Pembangunan Tanjung Carat On Schedule

SindoSumsel.com,PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru meminta agar Komisi IV dan Komisi V DPR RI tak hentinya mendorong keberlangsungan berbagai program kerja khususnya sektor pembangunan infrastruktur yang ada di Sumsel.

Termasuk juga percepatan pelaksanaan pembangunan pelabuhan Tanjung Carat yang merupakan program pembangunan super prioritas Sumsel.

“Pemindahan pelabuhan Boom Baru ke pelabuhan Tanjung Carat beserta pernak-perniknya itu merupakan program super prioritas Sumsel. Keberadaan pelabuhan ini akan berdampak besar bagi komoditas hasil Sumsel, baik sektor minerba maupun pertanian dan perkebunan. Untuk itu, saya minta anggota DPR ini mendorong hal itu,” kata Herman Deru dalam rapat kerja bersama Anggota Komisi V dan Komisi IV DPR RI di ruang rapat Gubernur, Selasa (10/8/2021).

Dia mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan setelah beberapa kali melakukan rapat dengan Kementerian terkait, groundbreaking pembangunan pelabuhan Tanjung Carat sendiri rencananya akan dilakukan pada November 2021 mendatang.

“Kita terus ulas soal Tanjung Carat ini dalam beberapa kali kesempatan. Rencananya akan dimulai November 2021. Pembangunan ini harus on schedule,” tuturnya.

Apalagi, sambungnya, beberapa tahun lalu ada rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan Tanjung Api Api. Tentunya KEK tersebut harus didukung dengan adanya pelabuhan laut tersebut.

Baca :  Herman Deru Gandeng HMI, Salurkan Bansos Beras bagi Warga Terdampak Pandemi

“Rencana KEK ini disambut gembira dunia industri. Namun, berapa jauh pun KEK ini juga harus didukung adanya pelabuhan laut sehingga kegiatan ekspor impor akan semakin maksimal,” paparnya.

Disisi lain, dia mengaku pembangunan Tanjung Carat tersebut tidak akan menemui titik terang tanpa adanya dukungan dari sejumlah pihak salah satunya Anggota Komisi V DPR RI H Eddy Santana Putra dan Komisi IV DPR RI Hj Renny Astuti.

Dimana dia menilai, sejak awal rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Carat tersebut, Komisi V dan Komisi IV DPR RI tersebut terus menyuarakan dukungannya.

“Baik secara spontan maupun khusus, Komisi V dan Komisi IV DPR RI terus mendukung pembangunan Tanjung Carat ini, karena pelabuhan ini memiliki manfaat besar bagi masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi V DPR RI H Eddy Santana Putra mengatakan, pembangunan pelabuhan Tanjung Carat memang merupakan prioritas pihaknya. Sebab itu berbagai upaya dilakukan agar impian itu dapat terselesaikan.

“Saya sebagai putra daerah tentu sangat mendukung. Ini akan meningkatkan ekonomi Sumsel. Sejak awal kita terus menyuarakan program pembangunan infrastruktur di Sumsel ini,” kata Eddy.

Dia menegaskan, pembangunan tersebut akan dilakukan pada November 2021 mendatang.

“Ini tentu hal yang menggembirakan. Mudah-mudahan pembangunan ini berjalan sesuai rencana,” tuturnya.

Baca :  Herman Deru : “Peran IAI Penting Dalam Membangunan Infrastruktur Berkualitas di Sumsel”

Bahkan, sambung, jika nanti dalam pembangunannya terjadi kendala keuangan, maka hal itu dapat disiasati dengan melakukan penawaran bersama pihak swasta.

“Kita gunakan APBN dalam pembangunannya. Jika nantinya ada hambatan, kita juga dapat kerjasama dengan swasta,” bebernya.

Tidak hanya itu, dia juga akan kembali mendorong pembangunan jalan tol Tanjung Api Api sebagai akses menuju pelabuhan tersebut.

“Sebelumnya memang ada rencana pembangunan tol tersebut. Ini akan kita dorong kembali sehingga keberadaannya pelabuhan ini maksimal,” pungkasnya.

Diketahui, selain membahas pembangunan pelabuhan Tanjung Carat, dalam rapat tersebut membahas sejumlah program prioritas Provinsi Sumsel.

Dimana, Gubernur Herman Deru juga meminta agar Komisi V dan Komisi IV DPR RI mendorong Kemenhub agar menyediakan kantong parkir di kawasan stasiun LRT di Palembang. Hal itu agar keberadaan LRT dimanfaatkan masyarakat sekaligus juga mengurangi kemacetan di Palembang.(*)

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com