Disiplin Diri adalah Kunci Keberhasilan Melawan Covid-19
HUT KONI 15 Oktober 2020
Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Duta Literasi Sumsel yang diselenggarakan Sumatera Ekspres Group di Auditorium Bina Praja Setda Provinsi Sumsel, Kamis (8/4/2021).
Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Duta Literasi Sumsel yang diselenggarakan Sumatera Ekspres Group di Auditorium Bina Praja Setda Provinsi Sumsel, Kamis (8/4/2021).

Herman Deru :”Pilihlah Jurusan Sesuai Potensi Diri”

SindoSumsel.com — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengingatkan agar siswa dan siswi di Sumsel untuk tidak memaksakan diri dalam memilih jurusan pendidikan yang akan ditempuh. Hal itu disampaikannya ketika membuka Try Out (TO) Akbar 2021 bersama Gubernur Sumsel dan Duta Literasi Sumsel yang diselenggarakan Sumatera Ekspres Group di Auditorium Bina Praja Setda Provinsi Sumsel, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, dalam pemilihan jurusan pendidikan, siswa dan siswi harus melihat pontensi dan sesuai bakat yang dimiliki sehingga potensi diri tersebut dapat berkembang dan bermanfaat.

“Jangan sampai siswa dan siswi ini berekspektasi tinggi tapi jurusan yang dipilih bukan bakat yang mereka miliki. Apalagi jika pemilihan jurusan pendidikan itu merupakan anjuran dari seseorang yang disegani, tidak boleh seperti itu,” kata Herman Deru.

Artinya, lanjut Deru, pemilihan jurusan pendidikan itu harus datang dari hati dan sesuai dengan kemampuan.

“Lihat kemampuan didalam diri kita agar nantinya ilmu yang didapat bisa dikembangkan dan bermanfaat. Pilihlah jurusan yang memang mampu mengembangkan potensi dan bakat,” tuturnya.

Baca :  Ustadz Das'ad Latif Puji Gaya Dakwah Herman Deru ke Desa-Desa

Disisi lain, dia mengatakan, TO Akbar yang di gelar Sumeks Group dapat dimanfaatkan siswa dan siswi untuk memaksimalkan kemampuannya. Dimana TO Akbar tersebut dapat menjadi acuan siswa dan siswi untuk mengukur kemampuannya sehingga nantinya siswa dan siswi tersebut dapat lebih siap saat mengikuti ujian nasional maupun ujian Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“TO ini cukup penting untuk menjaga mental sehingga siswa dan siswi lebih siap saat mengikuti ujian yang sesungguhnya,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, persoalan mental tentu dapat mengubah hasil ujian yang didapat nantinya.

“Jika mental telah siap menghadapi ujian tersebut, maka tentu akan memdapatkan hasil yang maksimal. Inilah pentingnya TO sebelum menghadapi ujian nantinya,” imbuhnya.

Sebab itulah, dia menegaskan, Pemprov menyambut baik dan mendukung penuh pelaksaan TO Akbar tersebut.

“Ini sangat luar biasa. Tidak semua pihak memiliki ide brilian seperti ini. TO Akbar ini sangat disambut baik oleh Pemprov dan kedepannya agar dapat diteruskan serta ditingkatkan,” ucapnya.

Baca :  Herman Deru Ajak Pemuda Muslim Meneladani Kehidupan Rasulullah SAW

Sementara itu, General Manager Sumeks, Hj. Nurseri Marwah mengatakan, gelaran tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan pihaknya terhadap dunia pendidikan di Sumsel.

Dimana menurut informasi, peserta yang mengikuti TO Akbar tersebut berjumlah 609 ribu orang yang terdiri dari siswa dan siswi SMA serta SMK se-Sumsel.

“Ini bentuk dukungan kita untuk kemajuan Sumsel. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah untuk membatu siswa dan siswi agar lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya,” pungkasnya.  (*)

About Miftahul Arzaq

Miftahul Arzaq
Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com

Check Also

Gubernur Sumsel H.Herman Deru Saat Menghadiri puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional di Provinsi Sumsel, yang digelar di Hotel Swarna Dwipa, Senin (3/5/2021).

Herman Deru Berikan Bantuan Uang Honor Kepada Guru Honorer SLB Negeri Se Sumsel

SindoSumsel.com —  Menghadiri puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional di Provinsi Sumsel, yang digelar di Hotel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *