Gubernur Sumsel H. Herman Deru Saksikan Pelantikan Pengurus KORMI Sumsel Periode 2021-2025, Kamis (18/11) di Griya Agung.
Gubernur Sumsel H. Herman Deru Saksikan Pelantikan Pengurus KORMI Sumsel Periode 2021-2025, Kamis (18/11) di Griya Agung.

Herman Deru Targetkan Sumsel Sebagai Penyelenggara  FORNAS Terbaik

Sindosumsel.com, PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru kian yakin dirinya semakin percaya bahwa Sumsel akan mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) 2021 pada tahun 2022 mendatang. Ia bahkan menargetkan penyelenggaraan FORNAS VI di Provinsi Sumsel ini akan menjadi penyelenggaraan terbaik di Indonesia.

Menurut Hermam Deru optimisme itu semakin tinggi setelah pelantikan pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Sumsel, sukses digelar Kamis (18/11) di Griya Agung langsung oleh Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman.

“Pelantikan ini adalah salah satu bentuk persiapan yang dilakukan. Tentunya setelah ini selesai kita akan segera membentuk panitia di daerah. Kita yakin setelah dilaunching nanti semua akan siap, ” ujar Herman Deru usai menyaksikan pelantikan pengurus KORMI Sumsel Periode 2021-2025.

Menurut Herman Deru dengan melandainya kondisi Covid 19 saat ini tentu akan membuat banyak jenis olahraga rekreasi di bawah KORMI yang ikut berpartisipasi dalam FORNAS VI. Karena itupula Iapun minta semua masyarakat dan OPD di lingkungan Pemprov Sumsel tanpa terkecuali untuk terlibat mensukseskan perhelatan tersebut.

“Olahraga rekreasi yang dinaungi KORMI ini bisa membuat kebahagiaan kita seragam. Karenanya Kami akan siap melaksanakan FORNAS VI di Sumsel ini menjadi yang terbaik dari kelima penyelenggaraan sebelumnya. Lebih baik, lebih terhormat dan getarannya benar-benar dirasakan masyarakat,” ujar pria yang terkenal sebagai Bapak Rumah Tahfidz tersebut.

Dalam kesempatan itu Iapun mengapresiasi pembentukan KORMI Sumsel karena dapat mewadahi olahraga rekreasi di Sumsel terutama untuk meningkatkan hormon kebahagiaan warga Sumsel.

” Peluang kita untuk menjadi besar secara kuantitas susah jelas, makanya Saya minta  jangan berjalan sendiri-sendiri. Segeralah dibentuk induk olahraga rekreasi ini per cabang ,” jelas Herman Deru.

Baca :  Persiapkan Liga Internal, Sriwijaya FC Gelar Festival U-12

Lebih jauh dikatakannya olahraga rekreasi ini sangat mudah, murah dan massal serta perlu disosialisasikan sehingga nanti penyelenggaraan FORNAS ini tidak kalah dengan PON.

“Terakhir pesan Saya kepada pengurus yang baru dilantik harus tertib manajemen organisasi dan menajemen keuangan di bidang olahraga. Ini bukan hanya terjadi Indonesia tapi di luar negeri juga. Makanya ini harus diprotect dari awal. Dan Saya minta pengembangan olahraga ini sampai ke desa-desa,” ujar Herman Deru.

Di tempat yang sama Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman mengatakan sangat bangga melihat antusiasme luar biasa yang ditunjukkan Pemprov Sumsel sebagai tuan rumah penyelenggara FORNAS VI 2021.

” Tanpa bermaksud melebihkan, langkah yang telah Gubernur Sumsel dalam mengkonsolidasikan ini sangat luar biasa. Apalagi melihat visi misinya menjadikan SDM Unggul Bermental Juara. Karena yang ingin kita bangun ini bukan hanya fisik tapi juga bermental juara yang dibutuhkam Sumsel dan juga bangsa ini ,” jelasnya.

Iapun berharap Ketua KORMI Sumsel Hj Samantha Tivani B.Bus. MIB tidak menyia-nyiakan dukungan Pemprov Sumsel yang luar biasa dan meminta KORMI Sumsel fokus pada penyelenggaraan FORNAS 2021 Sumsel 2022.

“Saya terharu saat launching FORNAS beberapa waktu lalu oleh Menpora dan Gubernur yang luar biasa. Semoga nanti kab/kota di Sumsel dapat hadir karena ini pertama kalinya kita secara resmi mengundang Kab/kota se Indonesia,” tambah Hayono Isman.

Selain ikut aktif mewujudkan Indonesia Bugar 2045, penyelenggaraan FORNAS di Sumsel ini juga diharapkannya memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat dan daerah.

Sementara itu Ketua KORMI Provinsi Sumsel periode 2021-2025, Hj Samantha Tivani B.Bus. MIB mengatakan saat ini sudah 40 cabor yang ada. Dengan sisa waktu yang masih beberapa bula lagi Ia optimis dapat mencukupi 65 cabor yang dibutuhkan.

Baca :  Herman Deru:"Membangun  Jangan Ego Sektoral Tetapi Sesuai Selera Rakyat"

Terkait venue menurut Samantha saat ini pihaknya masih terus berkoorsinasi dengan masing-masing induk organisasi olahraga.

” Target kita selain sukses penyelenggaraan kita juga sukses prestasi. Kami siap mengibarkan bendera KORMI ke seluruh penjuru Sumsel,” jelasnya.

Adapun pelantikan itu sendiri ditandai dengan pembacaan surat keputusan Ketua KORMI Nasional, dilanjutkan dengan pengukuhan dan penyerahan pataka dari Ketum KORMI Nasional ke Ketum KORMI Sumsel dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekjen KORMI Nasional Djainal Simanjuntak, Asisten Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Gatot Hendarto,, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora, Maifrizon,

Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Feby Deru, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, Duta Literasi Provinsi Sumsel Ratu Tenny Leriva.

Adapun beberapa diantara pengurus yang dilantik yakni Ketua KORMI Sumsel Hj Samantha Tivani B.Bus.MIB, Wakil Ketua I, Ahmad Wazir Noviadi S.PSi. MSi, Wakil Ketua II, Ratu Tenny Leriva, Wakil Ketua III, H.M Adi Nugraha Purna Yudha, Wakil Ketua IV Ricky Buchori dan Sekretaris Eko Agus Sugianto. (*)

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com