Gubernur Sumsel H.Herman Deru
Gubernur Sumsel H.Herman Deru

Membangun Solidaritas Antar Provinsi, Herman Deru Tuai Apresiasi

SindoSumsel.com, PALEMBANG–Langkah Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru dalam penanganan pandemi Covid-19 menuai apresiasi dari banyak pihak. Tidak hanya masyarakat Sumsel, apresiasi hingga ucapan terimakasih datang dari sejumlah pihak di luar Sumsel seperti Jawa Barat, Lampung, Bengkulu hingga Jawa Timur.

Hal tersebut lantaran respon cepat tanggap orang nomor satu di Bumi Sriwijaya atas dasar solidaritas dan rasa kemanusiaan untuk membantu wilayah lain yang juga terdampak virus Covid-19. Sebut saja misalnya ketika wilayah di luar Sumsel tengah dilanda kelangkaan oksigen akibat ledakan jumlah kasus Covid-19, Herman Deru berinisiatif menyalurkan produksi oksigen dari Sumsel.

Ucapan terimakasih datang misalnya dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil setelah mendapatkan bantuan oksigen dari Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru. Tak hanya itu, atas kontribusi kemanusiaan yang kepada masyarakat Jabar tersebut, Ridwan Kamil turut memberikan apresiasi yang mendalam untuk Herman Deru.

“Oksigen sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa masyarakat. Oksigen Sumsel berlimpah. Pandemi covid-19 ini sudah menjadi ranah kemanusiaan. Terima kasih Napak Herman Deru,” kata Ridwan Kamil saat hadir pada acara apresiasi donasi oksigen.

Tak sampai disitu, Emil biasanya dirinya disapa, juga mengucapkan terimakasih kepada warga Sumsel atas sikap kemanusiaan yang diinisiasi oleh Gubernur Herman Deru. “Mokaseh banyak yo dulur-dulur di Sumsel, kami wong Jabar tebantu nian. Semoga Kito paca terus bersinergi,” tulisnya dalam akun Instagram miliknya.

Senada dengan Emil, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Lampung menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Hal tersebut disampaikan setelah pihaknya mendapat bantuan oksigen dari Sumsel yang di komando oleh Herman Deru.

Baca :  Herman Deru Apreasiasi Kota Pagar Alam  Getol  Jaga   Kualitas    Lingkungan dan Kearifan Lokal

“Mokaseh pak Gubernur dan dulur-dulur kami di Palembang, Kami di Lampung terbantu nian atas bantuan Pak Gubernur dalam penyaluran oksigen cair untuk warga Lampung. Moga – moga kito pacak selalu saling bantu untuk kemajuan Kito bersamo,” ucap Arinal seperti dikutip dalam beberapa media.

Selain Jabar dan Lampung, Provinsi Bengkulu juga menerima bantuan 2 ton liquid oxygen (oksigen cair) dari PT. Pupuk Sriwijaya Palembang (Pusri). Hal ini merupakan hasil fasilitasi dari Herman Deru untuk penanganan COVID-19 di Bengkulu.

“Hasil komunikasi saya dengan Gubernur Sumsel Herman Deru, Alhamdulillah sudah 2 tangki oksigen liquid untuk 2.260 tabung oksigen dari Sumsel sudah sampai Bengkulu kemarin (31/07). Terimakasih pak Deru,” kata Gubernur Rohidin Mersyah saat menerima bantuan tersebut, (02/08).

Setelah Jabar, Lampung dan Bengkulu, permintaan oksigen juga dari Jawa Timur yang saat itu tengah mengalami kelangkaan oksigen. Permintaan tersebut juga langsung disanggupi oleh Herman Deru.

‘’Kebutuhan oksigen di sejumlah rumah sakit di Sumsel terpenuhi dengan aman. Karena itu kita harus ikut membantu kebutuhan oksigen di daerah lain yang mengalami kekurangan. Tentu kita bisa saling menolong dalam melawan pandemi Covid-19. Harapan kita wabah ini segera hilang dari Indonesia,’’ harap Deru.

Menanggapi apresiasi yang datang dari berbagai daerah, Pengamat Kebijakan Publik, Fadli Gintara menyebut langkah yang dilakukan Herman Deru adalah upaya membangun solidaritas antar provinsi. Hal ini menurut lulusan UNSRI tersebut sesuatu yang jarang terjadi.

Baca :  DPRD Dengan Gubernur Sumsel Sepakati Perubahan KUA dan Perubahan PPAS APBD Tahun Anggaran 2021

“Ya saya kira wajar dan memang sudah sepatutnya ada langkah bersama antara kepala daerah saling membantu. Sesuatu yang kita lihat hari ini sudah jarang terjadi, dan momentum pandemi jadi kesempatan untuk melihat kepala daerah mana yang responsif dan tanggap terhadap isu kemanusiaan, meskipun bukan terjadi di wilayahnya,” ungkap Fadli kepada awak media, Sabtu (14/08).

Lebih jauh, Fadli mengatakan apa yang dilakukan Herman Deru sebagai Gubernur patut menjadi contoh dan teladan bagi kepala daerah lain. Termasuk masyarakat yang menurut Fadli sangat disayangkan ada pihak yang justru berkomentar bernada sumbang.

“Ini satu gebrakan yang luar biasa. Membantu sesama saat kondisi tengah sama-sama sulit. Dalam Islam hal itu termasuk sedekah terbaik. Hanya saja, selalu ada pihak yang ‘nyinyir’ pada apa yang dilakukan oleh Herman Deru. Tapi tak apa, biasa lah, yang jelas sebagai Kepala Daerah, ini jadi point yang luar biasa,” pungkasnya.(*)

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com