silahturahmi antara Purna Praja dengan Praja IPDN bersama Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, Selasa (4/1) pagi.
silahturahmi antara Purna Praja dengan Praja IPDN bersama Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, Selasa (4/1) pagi.

Sinergi dan Kolaborasi IKAPTK Se Sumsel Dukung Program Herman Deru dalam Pemerataan Pembangunan Sumsel

SindoSumsel.com, PALEMBANG – Tekad Gubernur Sumsel H Herman Deru menyajikan pembangunan yang merata di Sumsel terus mendapatkam dukungan, tak terkecuali dari Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Alumni (IKA)  Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Sumsel.

Dukungan tersebut diungkapkan Ketua DPP IKAPTK Sumsel H. Achmad Rizwan, S.STP. MM saat acara silaturahmi antar Purna Praja APDN / STPDN / IPDN dengan Praja IPDN bersama Gubernur Sumatera Selatan Bapak H.Herman Deru dan Bakti Sosial, di Griya Agung, Selasa (4/1) pagi.

Rizwan mengatakan, IPDN adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah baik di tingkat daerah maupun tingkat pusat.

Dalam kegiatan silaturahmi ini hadir para orang tua Praja IPDN dan 200 Orang Praja IPDN asal Provinsi Sumatera Selatan yang sedang menempuh pendidikan, yang terdiri dari Praja Utama 65 Orang, Nindya Praja 51 Orang, Madya Praja 43 Orang dan Muda Praja 41 Orang.

Melalui kegiatan ini Rizwan berharap  dapat meningkatkan silahturahmi antara Purna Praja dengan Praja IPDN bersama Gubernur Sumatera Selatan Bapak H.Herman Deru. Hal ini juga bertujuan untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam membantu serta mendukung Gubernur Sumatera Selatan Bapak H.Herman Deru melakukan pembangunan yang merata di Sumatera Selatan, baik pembangunan infrastruktur fisik dan non fisik bagi kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan guna mewujudkan Visi Sumsel Maju Untuk Semua.

Melalui sinergitas dan kolaborasi kegiatan pembangunan yang telah di lakukan di Provinsi Sumatera Selatan sudah menjadi kewajiban dan tugas kami Para Purna Praja dengan Praja IPDN untuk menginformasikan atau mengendorse kepada masyarakat agar dapat ketahui dan di nikmati tidak hanya masyarakat di Provinsi sumatera selatan tapi di Indonesia.  Sehingga Provinsi Sumatera Selatan dapat menjadi salah satu barometer pembangunan di Indonesia.

Selain itu pada tahun 2022 ini Provinsi Sumatera Selatan mendapat kehormatan menjadi Tuan Rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional VI (FORNAS VI) dan Tuan Rumah World Cup U20 Tahun 2023.

Baca :  Herman Deru Pastikan Anggaran Keuangan Tahun 2022 Digunakan Secara  Efisien

“Melalui kesempatan ini atas nama Para Purna Praja beserta Para Praja IPDN Provinsi Sumatera Selatan kami siap mendukung dan mensukseskan kegiatan tersebut,” tambahnya.

Ia juga tak lupa mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sumatera Selatan Bapak H.Herman Deru yang telah menginisiasi pembangunan Kampus Regional IPDN di Kota Pagaralam

Dalam arahannya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru banyak berpesan pada praja IPDN asal Provinsi Sumsel yang tengah menempuh pendidikan maupun yang telah selesai menempuh pendidikan.

Menurutnya sejak dini praja IPDN harus menyiapkan diri secara matang karena saat memasuki dunia kerja mereka akan menemukan berbagai hal yang tidak didapat selama menjalani pendidikan.

“Makanya kalian harus terus beradaptasi dengan kondisi di lapangan dan kondisi masyarakat yang kita layani,” jelas Bapak Infrastruktur tersebut.

Berbagai kendala di lapangan yang akan ditemui tak sebatas itu saja lanjut Herman Deru. Saat terjun ke lapangan akan terlihat persoalan-persoalan yang sesungguhnya termasuk jika purna mendapatkan jobdesk yang belum sesuai keilmuan yang diterima semasa pendidikan. Selain itu hal yang juga mungkin terjadi adalah purna harus menjalankan tugas di pemerintahan dengan selera pemimpin yang berbeda-beda.

“Makanya Saya berpesan pada kalian yang berasal dari Sumsel tetap saja gunakan tagline daerah kita. Serta beradaptasi tanpa henti dalam menghadapi masyarakat, pimpinan dan juga aturan yang ada,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Ia juga mengingatkan agar para praja untuk tidak disorientasi karena ini akan menciderai nama  besar dan almamater.

Melalui forum itu juga Herman Deru berharap Loyalitas Alumni IPDN yang tergabung dalam IKAPTK tidak bagi perseorangan saja melainkan juga harus ditujukan bagi Negara sehingga dapat menjadi teladan yang baik bagi adik-adik Praja IPDN sebagai generasi penerus bangsa ini.

Baca :  Herman Deru Inginkan Peran Permatabagsel Majukan Bumi Sriwijaya

“Tanamkanlah selalu jiwa pengabdian dan selalu mengasah kemampuan dan apabila tiba saatnya mengabdi di masyarakat, maka loyalitas harus ditanamkan dan loyal itu bukan untuk perorangan, tetapi loyalitas itu untuk Negara yang kita cintai ini,” jelasnya.

Iapun meminta praja IPDN ini  mencontoh kesuksesan yang telah dicapai oleh para senior, sebab kesuksesan yang dicapai oleh para senior itu adalah melalui proses yang panjang dan tidak datang secara tiba-tiba.

“Kami tidak akan membeda-bedakan alumni IPDN dengan alumni lainnya, semuanya berkompetisi sesuai kemampuan. Meskipun di antara para praja ataupun purna praja berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan, namun kita tetap memiliki loyalitas dan jiwa korsa yang bertekad untuk membangun Provinsi Sumatera Selatan secara bersama-sama,” tambahnya.

Di ujung sambutannya Iapun Kegiatan mengingatkan agar Praja IPDN memanfaatkan momen ini untuk dapat saling mengenal satu dengan yang lain. Sebagai Praja menurutnya mereka harus saling asah asih, dan asuh serta mengayomi da  bersama-sama saling memberi arahan dan bimbingan, semoga dengan mengenal satu dengan yang lainnya, dapat bermanfaat dengan menimba ilmu dari para senior.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga berkesempatan melakukan bakti sosial menyerahkan bantuan uang tunai dan sembako ke sejumlah panti asuhan.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut purna praja dari berbagai Perguruan Tinggi Kepamongprajaan, di antaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Nelson Firdaus, Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Provinsi Sumsel H. Aris Saputra, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Dr KH Rosyidin Hasan,M.PdI, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs Riza Pahlevi, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel serta para orang tua praja IPDN dan para purna IPDN. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com