Kampus Universitas Bina Darma Palembang
Kampus Universitas Bina Darma Palembang

Universitas Bina Darma Masuk Klaster Utama Penelitian, Pilot Projects di Sumsel

SindoSumsel.com, Palembang– Kampus masa depan dan bermutu, kalimat inilah yang pantas disematkan ke Universitas Bina Darma. Betapa tidak, dibawah nahkodai Rektor Dr Sunda Ariana MPD MM, Bina Darma mampu menembus ranking pertama bidang penelitian kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Selatan dan menjadi pilot project atau percontohan PTS Se-Sumsel.

Diketahui, hasil perangkingan tersebut dikeluarkan langsung oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Penguatan Risbang Nomor: B/567/EI.2/H.M00.03/2019 Tanggal 13 November 2019 tentang Klaster atau pengelompokan perguruan tinggi berbasis penelitian periode 2016-2018 yang masuk klaster mandiri, utama, madya, dan binaan.

Baca :  Herman Deru Dan UAS Tanda Tangani Prasasti Peresmian Renovasi Masjid Al Falah

“Alhamdulillah Universitas Bina Darma untuk di Sumsel ranking pertama karena sudah masuk klaster utama,” ungkap Rektor Universitas Bina Darma, Dr Sunda Ariana MPd MM.

Sunda menjelaskan, untuk ranking penilaian dan pengelompokan klaster dari Kemenristek-Dikti tersebut dilakukan setiap tiga tahun sekali.

“Pemeringkatan atau perangkingan selanjutnya akan dilaksanakan pada 2022 mendatang dan target kita Bina Darma akan masuk klaster Mandiri,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Teknologi Universitas Bina Darma, Dr Edi Surya Negara MKom merinci untuk memenuhi penilaian tersebut, Bina Darma harus memenuhi 11 indikator penilaian. Yakni diantaranya, Dosen Peneliti Aktif, Peneliti Asing, Fasilitas Penunjang, Hibah SIMLITABMAS.

Baca :  Herman Deru Ingatkan Taruna AKMIL Tetap Istiqomah Tunaikan Tugas Negara

“Kemudian, Hibah Non SIMLITABMAS, Penyelenggaraan Forum Ilmiah, Publikasi Jurnal, Buku/Ajar Teks, Pemakalah Forum Ilmiah, Hak Kekayaan Intelektual, dan Unit Bisnis Hasil Riset,” urainya.

“Untuk target pada 2022 mendatang sesuai arahan Ibu Rektor, UBD harus masuk klaster Mandiri,” tandasnya. (ril)

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *