15 Mobil Golf Disiapkan Untuk Jamaah Haji
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

15 Mobil Golf Disiapkan Untuk Jamaah Haji

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Menteri Kementerian Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Jamaah Haji Indonesia akan mendapatkan bantuan belasan mobil golf.

“Alhamdulillah untuk jemaah kita yang maktabnya nanti di Mina relatif jauh, kita mendapat tambahan fasilitas mobil golf untuk membantu mereka sampai titik terdekat dengan jamarat,”ujarnya, Rabu(21/6/2023).

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri pembukaan Muktamar Perhajian yang diselenggarakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Jeddah yang mengangkat tema “Fiqh at-Taisir fil-Hajj”

Sarana transportasi ini akan digunakan untuk membantu pergerakan jamaah dari tenda di Mina hingga titik terdekat jamarat yang bisa diantar dengan mobil.

“Ini sangat membantu, dan kita terus berupaya agar jumlahnya terus ditambah,” sambungnya.

Fasilitas mobil golf memang diusulkan oleh Kementerian Agama berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu.

“Seiring jarak tempuh yang cukup jauh dari tenda menuju jamarat, untuk itu diperlukan sarana transportasi agar jamaah tidak terlalu kelelahan. Dan juga mobil tersebut juga akan sangat berguna dalam mempercepat proses evakuasi,”Katanya.

Baca :  Bapak Tiri di Palembang Tega Merampok Anak Sendiri

Setidaknya ada 15 mobil golf yang disiapkan untuk membantu jamaah haji Indonesia di Arab Saudi. Selain mobil golf, tenda jemaah haji Indonesia di Arafah juga mendapat tambahan toilet. Setiap Maktab, disiapkan toilet dengan 10 pintu. Ini akan menambah keberadaan 20 toilet yang sudah ada sebelumnya.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi juga menyiapkan ratusan kursi roda yang akan digunakan saat Armina, serta di area Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Usai mengikuti pembukaan muktamar perhajian, Yaqut Cholil dijadwalkan meninjau kesiapan layanan di Arafah – Muzdalifah – Mina (Armina).

“Hari ini kita cek kesiapan tambahan toilet di Arafah, termasuk juga renovasi dapur-dapur yang disiapkan untuk memasak makanan jemaah,”Katanya.

 

Baca juga: Keberangkatan Jamaah Haji di Sumsel Masih Tersisa 4 Kloter