Minggu , 14 April 2024
355 Jemaah Kloter 19 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air
Ratusan jamah kloter 19 tiba di bandara SMB II Palembang.

355 Jemaah Kloter 19 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Sebanyak 355 jemaah haji Kloter 19 Debarkasi Palembang asal Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara tiba di Palembang, Sabtu (29/7) pagi. Total jemaah haji Debarkasi Palembang yang telah kembali ke Tanah Air hingga hari ini berjumlah 6.787 jemaah.

Kedatangan kloter 19 disambut di Aula Asrama Haji Sumsel. Hadir dalam acara penyambutan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Armet Dachil, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Win Hartan, Kepala Bidang Urusan Agama Islam H. Efriansyah, Kabag Agama Pemprov Sumsel H. Sunarto, Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang H. Saefudin, Direktur Swarna Dwipa Pengelola Asrama Haji Sumsel H. Rebo Iskandar Pohan, dan unsur PPIH Debarkasi Palembang.

Ketua Kloter 19 H. Mohamad Ali dalam laporannya menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci lalu, jemaah kloter 19 berjumlah 357 orang. Namun dua jemaah meninggal di Tanah Suci yaitu Pulung Suharyo dan Timbul Mangun Rejo, sehingga yang kembali ke Tanah Air berjumlah 355 orang. “Alhamdulillah, jemaah kloter 19 dapat menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci dengan baik,” jelas Mohamad Ali.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel diwakili H. Win Hartan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada jemaah haji kloter 19. Win Hartan mengaku gembira dan bersyukur jemaah haji kloter 19 kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat. “Bapak/ibu baru saja pulang dari ibadah fisik. Ini sama seperti jihad, terutama bagi bapak/ibu yang mayoritas berusia lanjut,” terang Win Hartan.

Baca :  Syarat Naik LRT Gratis Besok dan 7 Koridor Feeder Yang Bisa Anda Gunakan

Sesuai janji pemerintah, lanjut Win Hartan, jemaah haji tahun ini masing-masing akan mendapatkan air zamzam sebanyak 10 liter. Lima liter zamzam bisa langsung dibawa jemaah haji, sedangkan sisanya lima liter lagi akan didistribusikan melalui Kemenag Kabupaten/Kota. “Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana setiap jemaah mendapatkan jatah air zamzam sebanyak lima liter, tahun ini kebijakan pemerintah setiap jemaah akan mendapatkan 10 liter,” tegas Win Hartan.

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil menambahkan, panitia embarkasi/debarkasi Palembang mengucapkan terima kasih kepada jemaah haji atas kerjasama dan kekompakannya. Dia juga menyampaikan permohonan maaf bila dalam pelayanan terhadap jemaah tahun ini masih ada kekurangan dan ketidaksempurnaan. “Pemerintah dan PPIH baik di embarkasi/debarkasi maupun di Arab Saudi telah berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik. Namun pasti ada ketidaksempurnaan. Kami mohon dimaaftkan,” ujar Armet.

Sebagai informasi, dengan kedatangan 355 jemaah kloter 19, Debarkasi Palembang hingga hari ini telah menerima kedatangan 6.787 jemaah dengan rincian Sumsel 5.632 jemaah, Babel 1.061 jemaah, dan 94 petugas kloter. Adapun jemaah yang meninggal berjumlah 37 orang dengan rincian dari Sumsel 30 orang dan dari Bangka Belitung tujuh orang. Sebanyak 32 jemaah meninggal di Arab Saudi, satu jemaah di embarkasi, dan empat jemaah di debarkasi.