357 Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Palembang Dengan Selamat, Begini Cerita Selama di Makkah 
Jamaah haji Kloter pertama asal OKU TImur tiba di Palembang.

357 Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba Dengan Selamat, Begini Cerita Selama di Makkah

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Ratusan Jamaah Haji kloter pertama asal OKU Timur akhirnya tiba di Kota Palembang, Kamis(6/7/2023) malam dengan selamat. 

Dari pantauan di lapangan terlihat sejumlah bus memasuki Embarkasi Palembang, yang mana satu persatu jamaah haji turun dari bus tersebut usai menjalankan ibadah haji di Arab Saudi. Belakangan diketahui bila ratusan jamaah tersebut tiba dengan menggunakan pesawat Saudi Airlines di Bandara SMB II Palembang, Kamis (6/7) malam, pukul 22.21 WIB.  

Setidaknya sebanyak delapan bus membawa para jamaah ke Asrama Haji Palembang bersama satu bus, tiga ambulan, dan dua minibus untuk mengangkut jemaah sakit, disabilitas, dan lansia.  

Saat tiba di Asrama haji para jamaah diarahkan ke aula untuk menjalani pemeriksaan kesehatan menggunakan thermal scanner. Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi suspek Covid-19 dan influenza like illness (ILI). Jemaah yang memenuhi kriteria suhu 38 derajat celcius atau lebih disertai batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak nafas, maka dilakukan pemeriksaan RDT Antigen dan Swab PCR. Bagi jemaah yang dinyatakan sehat bisa langsung kembali ke daerahnya masing-masing. 

Ketua Kloter 1 Susi Irwan Sastro mengatakan, dalam laporannya bila kloter 1 banyak mendapatkan kesempatan lebih di tanah suci Makkah. 

“Alhamdulillah jamaah kloter 1 dapat menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci dengan baik. Termasuk pelaksanaan ibadah sunnah Arbain di Masjid Nabawi,” ujar Susi Irwan Sastro kepada wartawan, Jumat(7/7/2023). 

Ia mengungkapkan, banyaknya jamaah haji asal Sumatera Selatan yang terkena batuk di Arab. “Banyak sekali jamaah yang mengalami batuk namun itu hal biasa kita rasakan. Hal yang paling menyedihkan itu ialah saudara saudara kami yang tak meninggal disana. Yang tadinya berjumlah 360 orang kini berjumlah 357 orang,”ujarnya kepada wartawan. 

Baca :  Karto Yitno Pulang Selamat Meski Alami Batuk dan Demam Saat Berangkat Haji

Dua orang meninggal di Mekkah atas nama Repen Reso Pawiro (85) pada 23 Juni dan Sayuti Gemulung (68) pada 3 Juli. 

Ketika di Madina pun 357 jamaah haji OKU Timur beribadah dengan sempurna dan saat melempar jumrah.”Karena di kloter pertama banyak yang lansia maka saat lempar jumrah kami wakilkan sesuai dengan tagline kita ramah lansia”katanya. 

357 Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Palembang Dengan Selamat, Begini Cerita Selama di Makkah 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil mengucapkan selamat datang kepada jemaah kloter 1 Embarkasi Palembang. Dirinya juga ikut berduka atas meninggalnya tiga jemaah kloter 1. Hingga saat ini total jamaah Embarkasi Palembang yang meninggal di Tanah Suci berjumlah 23 orang dengan rincian 19 orang dari Sumsel dan empat orang dari Bangka Belitung. 

“Kami turut berduka. Insya Allah jemaah yang meninggal semuanya husnul khotimah karena sedang menjalankan ibadah haji. Bagi bapak/ibu yang hari ini kembali ke Tanah Air, kami ucapkan selamat datang dan semoga meraih haji yang mabrur,” jelas Armet. 

Selanjutnya ratusan jamaah akan kembali ke OKU Timur untuk disambut langsung bupatinya hari ini.