Selasa , 5 Maret 2024
359 Jamaah H Kloter Dua Tiba di Palembang, Satu Orang Masih Dirawat
Jamaah kloter dua sampai di bandara SMB II Palembang.

359 Jamaah H Kloter Dua Tiba di Palembang, Satu Orang Masih Dirawat

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM-Sebanyak 359 jemaah haji kloter 2 Embarkasi Palembang tiba di Bandara SMB II Palembang, Sabtu (08/7) dinihari, pukul 02.24 WIB. Namun, sayangnya seorang jamaah atas nama Ronisa Ajat Bahrin masih menjalankan perawatan di RS King Faisal Mekkah.

Ketua Kloter 2 Embarkasi Palembang H. Mukmin Mukri menjelaskan, kloter 2 merupakan jemaah asal Palembang dan Prabumulih. Saat berangkat ke Tanah Suci beberapa waktu lalu, jumlah yang berangkat 359 orang karena satu jamaah atas nama Kartila tertunda berangkat karena sakit.

Kartila sendiri baru berangkat bersama kloter 6 dan saat di Arab Saudi kembali bergabung kloter 2 sehingga jumlah jemaah menjadi 360. Namun saat kepulangan ternyata ada satu jemaah yaitu Ronisa Ajat yang belum bisa ikut karena dinyatakan tidak laik terbang.

“Kondisi fisik ibu Ronisa menurun pasca menjalani fase Armuzna. Mudah-mudahan Ibu Ronisa bisa segera pulih dan kembali ke Palembang bersama kloter berikutnya,”ujar Mukmin di hadapan para jamaah, Sabtu(7/8/2023).  

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil menjelaskan, dengan kedatangan kloter 2, total jemaah Embarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 716 orang dengan rincian 706 jemaah dan 10 petugas kloter. Selanjutnya Embarkasi Palembang akan menerima kepulangan jamaah kloter 3 asal OKU Timur pada Senin (10/7) lusa. Kloter 3 terjadwal tiba di Bandara SMB II Palembang pada pukul 07.30 WIB. 

Terkait jumlah jemaah haji yang meninggal di Arab Saudi, menurut Armet saat ini berjumlah 23 orang dengan rincian 19 jemaah Sumsel dan empat jemaah dari Bangka Belitung. Armet berharap para jemaah Embarkasi Palembang yang saat ini masih berada di Mekkah dapat menjaga kondisi fisik mereka sampai kembali ke Tanah Air.

Baca :  ksi Gantungkan BH di Depan kantor Kejati Sumsel

“Pasca Armuna memang kondisi fisik jemaah butuh pemulihan. Saya harap jemaah dapat memenej aktivitas mereka dengan baik sembari menunggu masa pemulangan ke Tanah Air. Termasuk jamaah gelombang kedua yang masih akan menjalani ibadah Arbain di Madinah. Kita doakan semoga semua jamaah dalam kondisi sehat dan kembali ke Tanah Air dengan membawa predikat haji mabrur,” tutur Armet. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Jemaah dan Petugas Embarkasi Palembang H. Win Hartan saat menyambut kepulangan kloter 2 mengucapkan selamat datang kepada para jamaah. Menurut Win Hartan, perjalanan haji merupakan perjalanan luar biasa dan istimewa yang berbeda dengan perjalan-perjalanan lainnya. Untuk itu, dia mengajak para jamaah untuk senantiasa bersyukur dan berupaya keras untuk menjaga kemabruran haji.

“Kami percaya bapak/ibu telah berulang kali bepergian ke berbagai tempat. Namun kami yakin perjalanan ibadah haji ini berbeda, ini sebuah pengalaman luar biasa. Mudah-mudahan menjadi berkah bagi kita semua. Selamat Kembali ke Tanah Air dan bertemu dengan keluarga,” tutur Win Hartan.

Turut hadir dalam penyambutan jemaah, Direktur Swarna Dwipa Pengelola Asrama Haji Sumsel H. Rebo Iskandar, Kepala Kantor Kemenag Kota Prabumulih H. Hermadi, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Emmilya Rosa, serta unsur PPIH Debarkasi Palembang.