Kamis , 22 Februari 2024

4700 Hectar Lahan Gunung Arjuna Ringgit dan Welirang

SINDOSUMSEL.COM–Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan gunung Arjuna, Ringgit dan welirang hingga hari ini menghanguskan 4700 hektar, Jumat, (8/9/2023). Jumlah terluas ada di daerah kabupaten Pasuruan dengan luasan 2400 hektar. 

 

Hal itu disampaikan sekda Pemprov Jatim, Adi Karyono saat memberikan laporan dalam rakor penanganan kebakaran bersama Kepala BNPB pusat Let. Jend. TNI Suharyanto di pendopo Kaliandra, Jumat, (8/9/2023).

 

Kebakaran hutan dan lahan di gunung Arjuna tahun 2023, pertama terjadi pada Sabtu (26/8/2023) dini hari. Api pertama terlihat di lahan Perhutani masuk Desa Toyomarto kabupaten Malang. Karena cuaca panas dan angin kencang api merambat hingga masuk lahan Taman Hutan Raya (TAHURA), meliputi wilayah kabupaten Pasuruan dan kabupaten Mojokerto serta Kota Batu.

Baca :  WNA Ditangkap Imigrasi Denpasar

 

“Hingga hari ini kita belum bisa menentukan penyebab kebakaran, namun disinyalir adalah human error dari pemburu liar” terang Adi Karyono.

 

Sejak diturunkan, hingga hari ini, Heli BNPB telah melakukan penerbangan sebanyak 105 terbang melakukan water bombing. Dengan kapasitas air sekali angkut, 1000 liter. 

Selain satu Heli, penanganan kebakaran di gunung Arjuna, Ringgit 

dan Welirang melibatkan 1200 orang dari lintas lembaga termasuk masyarakat penyangga hutan.

 

“Hari ini kita datangkan lagi satu Helikopter Puma dengan kapasitas angkut 4000 liter, semoga karhutla di Gunung Arjuna ini bisa segera teratasi” Pungkas sekda Provinsi jatim, Adi Karyono.