Pj Bupati Musi Banyuasin Serahkan Bantuan Kepada Korban Longsor di Desa Terusan

SindoSumsel. Com, SANGA DESA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sanga Desa Kamis (27/4) pukul 02.00 dinihari membuat tebing sungai di Dusun III Muara Rawas Desa Terusan Kecamatan Sanga Desa mengalami longsor.

Informasi yang dihimpun di lapangan, setidaknya ada 5 titik tanah longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sebanyak 2 keluarga dengan total 13 jiwa terpaksa mengungsi karena rumah yang mereka tempati nyaris ambruk terbawa longsor.

Selain dua rumah milik warga bernama Mahmud (44) dan Zainal Arifin (54) yang terdampak longsor, ada pula dua unit perahu getek milik nelayan yang rusak tertimbun material longsor.

Eliya (51) salah satu warga terdampak longsor (istri Zainal Arifin, red) kepada wartawan media ini menuturkan bahwa longsor terjadi persis saat hujan deras melanda.

“Semalam saat hujan deras mungkin sekitar pukul 02.00 WIB, tiba-tiba terdengar suara brukk dari belakang rumah. Kemudian kami sekeluarga keluar rumah, ternyata sudah longsor. Pagi ini, terpaksa mengungsi ke rumah tetangga dulu, khawatir terjadi longsor susulan,” ungkapnya.

Sementara itu Pj Bupati Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi yang mendapat laporan adanya kejadian longsor di Desa Terusan, kemudian langsung melakukan tinjauan ke lokasi kejadian.

Baca :  Tujuh Tahun Berjuang, Pj Bupati Apriyadi Wujudkan Keinginan Warga Epil Barat

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati didampingi Camat Kecamatan Sanga Desa Hendrik SH MSi, Kepala Dinas Sosial Muba Ardiansyah SE MM, serta Plh Kapolsek Sanga Desa Nasirin SH MH langsung memberikan bantuan uang tunai dan sembako untuk meringankan beban korban.

“Untuk keluarga pak Zainal Arifin dan pak Mahmud yang terdampak longsor hari ini, insyaallah kita akan dorong pembangunan rumah relokasi di tahun ini. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin yang berada di bantaran Sungai Musi agar hati-hati selama musim hujan ini, bila perlu kalau dinilai terlalu riskan agar dapat mengungsi terlebih dahulu ke tempat aman,” ujarnya.

Ditempat yang sama Camat Kecamatan Sanga Desa Hendrik SH MSi didampingi Kepala Desa Terusan Hendri SPd mengaku siap bantu mendorong agar warga Desa Terusan yang terdampak longsor bisa direlokasi .

“Kami pemerintah Kecamatan siap membantu mendorong agar bisa dilakukan relokasi sesuai instruksi pak Pj Bupati tadi,” tutupnya. (Mif)