Akibat Curah Hujan Yang Deras Pohon Tumbang di Jalan Bambang Utoyo
Polisi dan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (Perkimtan) Palembang merespon dengan cepat kejadian yang terjadi di Jalan Bambang Utoyo tersebut.

Akibat Curah Hujan Yang Deras Pohon Tumbang di Jalan Bambang Utoyo

Palembang,SindoSumsel.com–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis (8/1/2022) mengumumkan hujan sedang dan lebat yang disertai kilat/petir serta angin kencang akan terjadi di sejumlah di daerah di Sumatera Selatan termasuk juga dengan Kota Palembang.

 

Dari Pantauan media kemarin malam terlihat hujan deras dan angin kencang terjadi sejak pukul 18.00WIB, bahkan dampak dari itu sejumlah tempat mengalami banjir dan juga pohon tumbang. Seperti yang terjadi di Jalan Bambang Utoyo dekat TPU Kandang Kawat Kecamatan Ilir Timur II Palembang terpantau dari rekaman CCTV pohon besar tersebut tumbang menutupi Jalan.

 

Dengan situasi yang saat itu masih hujan sendiri pengendara motor roda II juga terpaksa nekat melewati pohon tersebut dengan cara menundukkan agar bisa melintas. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk pengendara roda empat yang terpaksa memilih memutar jalan atau memilih jalan alternatif.

 

“Sekitar pukul 6 sore tadi sudah roboh, mungkin karena angin kencang dan hujan deras tadi ya, “ujar Aliong warga setempat saat ditemui di lokasi kejadian. 

 

Tak hanya itu petugas kepolisian dan juga dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (Perkimtan) Palembang merespon dengan cepat kejadian yang terjadi di Jalan Bambang Utoyo tersebut. 

Baca :  Peras Pedagang, 7 Preman Berkedok Jukir di Pasar Modern Plaju Diringkus

Akibat Curah Hujan Yang Deras Pohon Tumbang di Jalan Bambang Utoyo

“Setiba di lokasi kami bergegas untuk melakukan pembersihan dan memotong dahan pohon yang tumbang bersama anggota dan Dinas PU kota Palembang  sehingga tidak menutup jalan dan menghambat arus lalu-lintas,” kata Dir Samapta Polda.Sumsel Kombes Pol Djuwito Purnomo. 

 

Menurut Kombes Djuwito proses evakuasi pohon tumbang menggunakan kapak dan mobil crans pohon untuk memotong bagian pohon yang menghambat arus lalu lintas, kemudian personil lain membantu mengatur arus lalu lintas dan mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati.

 

“Proses evakuasi pohon tumbang memakan waktu sekitar 1 jam dan lalu-lintas kembali berangsur normal kembali,”katanya.

 

Kombes Pol Djuwito mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan di musim hujan saat ini. “Jika turun hujan agar meneduh pada tempat yang aman dan tidak mengganggu arus lalu lintas,”Tutupnya.

Hingga saat ini pengguna jalan baik roda empat dan roda dua telas dapat melintas dan menggunakan jalan tersebut.