Apriyadi Resmi Jadi Pj. Bupati Muba
Apriyadi Resmi Jadi Pj. Bupati Muba

Apriyadi Resmi Jadi Pj. Bupati Muba

SindoSumsel.com, Palembang — Teka tekji Penjabat (Pj.) Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tahun 2022, terjawab sudah. Ini dikarenakan telah diserahkannya SK Pj. Bupati Muba oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sekretariat Daerah (Setda) Sumsel.

“Alhamdulillah, SK sudah diserahkan ke Pemprov Sumsel.” ungkap Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Sumsel, Sri Sulastri, kepada wartawan pada hari Sabtu tanggal 21 Mei 2022.

Sementara itu, nama Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Drs. Apriyadi, M.Si., yang disebut-sebut menjadi Pj. Bupati Muba, saat dikonfirmasi mengaku sudah dihubungi untuk persiapan pelantikan sebagai Pj. Bupati Muba.

“Saya baru dihubungi tadi dari Pemprov Sumsel untuk persiapan menerima SK Pj. Bupati Muba pada Minggu 22 Mei 2022 dan bersama istri untuk Ketua TP PKK Muba.” singkatnya.

Baca :  Warga Tanah Mas Banyuasin Terdampak PPKM Sumringah Dapat Bantuan Beras Gubernur

Apriyadi merupakan sosok yang berpengalaman di bidang birokrat. Mengawali karir sebagai Kepala Desa (Kades) Pematang Palas, Banyuasin I, pada tahun 1992, alumni SMA Negeri 3 Palembang ini akhirnya menahkodai Kabupaten Muba hingga 2024 mendatang.

Tidak hanya itu, pengalaman lainnya yang pernah diemban kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini diantaranya pernah menjadi Kabag Kesra dan Perekonomian Pemkab Muba pada 2001, lalu Kepala Bappeda 2009, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muba pada tahun 2010.

Setelah itu, Apriyadi yang juga adik kelas Gubernur Sumsel saat duduk di bangku SMA Negeri 3 Palembang ini, mendapatkan kepercayaan dari mantan Alex Noerdin untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial pada tahun 2012.

Kemudian, Ketua Kwarcab Pramuka Muba ini, juga diberi mandat oleh Gubernur Sumsel untuk menjabat Pj. Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada tahun 2015, yang mana pada saat itu Kabupaten PALI akan menggelar Pilkada perdana setelah pemekaran.

Baca :  Herman Deru Apresiasi Kapolda Sumsel Gelar FGD "Sumsel Zero Konflik Menuju Sumsel Maju"

Mantan Ketua Pengprov PBSI Sumatera Selatan ini berhasil menjadikan Pilkada PALI sebagai Pilkada paling kondusif di Indonesia dan diberikan penghargaan oleh KPU/Bawaslu Republik Indonesia.

Lalu, di masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Muba periode 2017-2022 Dodi Reza-Beni Hernedi, Apriyadi yang merupakan putra daerah asli Kabupaten Muba yakni kelahiran Desa Bumiayu Lawang Wetan 6 November 1967 ini, diberikan amanah menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Muba.

Hingga akhirnya pada 22 Mei 2022, suami dari Hj. Asna Aini tersebut mendapatkan amanah untuk menjadi Pj. Bupati Kabupaten Muba tahun 2022 guna mengisi kekosongan jabatan Bupati Muba, dikarenakan habis masa jabatan periode 2017-2022. (but/mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com