Bangun Fiber Optik di 13 Kecamatan, Vsat dan Satelit Star Link di 2 Kecamatan

Sindosumsel.com – SEKAYU, Dalam upaya mengembangkan serta membangun Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menuju Daerah cerdas berbasis Teknologi Informasi (Smart City), Pemerintah Kabupaten Muba mengikat sebuah kerjasama dengan pihak PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk melalui MoU di Hotel Harper Palembang, Senin (14 November 2022)

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muba H Apriyadi mengapresiasi atas perhatian PT.Telkom Indonesia yang sudah mempercayakan kerjasama dengan Pemkab Muba, dalam rangka mewujudkan keinginan rakyat Muba untuk bisa menggenggam dunia.

“Saya apresiasi atas trobosan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba menggandeng PT Telkom Indonesia Witel Sumsel, untuk membuat daerah kita menajadi bebas blankspot. Saya tantang kepala Petangkat Daerah lainnya untuk melakukan trobosan-trobosan yang membangun bagi Kabupaten Muba,”pungkasnya.

Apriyadi menyebutkan, melaui momen penandatangan kesepakatan dengan pihak PT Telkom Indonesia, dirinya merasa mendapatkan energi baru untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Muba kearah yang berkemajuan.

“Kita akan terus memndukung dan membangun program-program yang bertujuan untuk membangun Kabupaten tercinta ini, termasuk hari ini kita laksanakan penandatanganan kerjasama ini sebagai bagian dari komitmen kita bersama dalam mengembangkan sektor ekonomi kita, termasuk sektor UMKM berbasis Digital, saya sangat yakin dan percaya bahwa kebersamaan kita hari ini, Pemkab Muba dengan PT Telkom Indonesia adalah langkah yang sangat tepat, dengan adanya kerjasama ini nantinya bisa membantu kita dalam mengembangkan sektor ekonomi berbasis digital,” ungkap Pj Bupati Muba.

Baca :  Warga Muba Jangan Tergiur Pinjol Ilegal dan Arisan Bodong

Sementara itu General Manager Witel Sumsel PT Telkom Indonesia, Setyawan Nugroho sempat memuji gerak cepat Pj Bupati Muba dalam upaya terciptanya suatu kerjasama ini dan pertama di Provinsi Sumsel adanya trobosan kerjasama seperti ini.

“Harus saya akui bahwa bapak Bupati kita ini adalah benar-benar sosok yang energik dan gesit, didukung oleh Kepala Dinkominfo nya yang penuh semangat untuk melakukan teobosan kerjasama ini. Alhamdullilah setelah melalui diskusi bersama, kita sepakat untuk memabngun dan mengembangkan suatu sistem berbasis digital sesuai tuntutan jaman saat ini, kami sangat berkeyakinan bahwa visi Pj Bupati Muba untuk membangun suatu masyarakat yang sejahtera akan terwujud,” ungkapnya.

Menurut laporan Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, kesepakatan bersama ini dimaksudkan sebagai upaya yang terarah , terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan bersama oleh para pihak dalam
pembangunan Smart Regency Musi Banyuasin.

Baca :  Pj Bupati Muba H Apriyadi Jamu Tim Komisi Informasi Pusat dan KI Provinsi Sumsel

“Kesepakatan Bersama ini bertujuan, mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah serta meningkatkan kapasitas perangkat daerah dan masyarakat melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi digital, guna mendukung pembangunan Kabupaten Muba untuk mewujudkan Smart Regency Muba,”bebernya.

Lanjutnya, kemudian untuk meingkatkan penggunaan teknologi informasi government to government, maupun citizen to government sehingga pelaksanaan pelayanan publik di Kabupaten Muba yang berbasis teknologi informasi dapat terwujud.

“Adapun ruang lingkup kerjasama ini meliputi, pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh wilayah kecamatan, Telkom akan melakukan pembangungan jaringan fiber optik ke 13 kecamatan, serta pemasangan internet satelit star link untuk 2 kecamatan (kecamatan Keluang dan kecamatan Lalan), serta pembangunan pusat digital kreatif,”jelas Kadinkominfo Muba.

Turut hadir perwakilan Forkopimda Muba, Kepala Perangkat Daerah terkait, perwakilan Dinas Kominfo Pemprov Sumsel dan seluruh Camat se Kabupaten Muba.(erd)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Erwanda, S.Psi.