Buka Kejuaraan Berkuda Piala Gubernur,  Herman Deru Terus Beri Support Untuk Prestasi Atlet Berkuda Sumsel

PALEMBANG, SindoSumsel. Com- – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku bangga belakangan ini olahraga berkuda dikalangan warga Sumsel lebih lebih semarak  dan diminati dari berbagai kalangan.

Mengingat sebelumnya  lanjut Herman Deru, olahraga berkuda yang dulunya hanya di dominasi dikawasan tertentu seperti pulau jawa, namun seiring dengan berjalannya waktu olahraga ketangkasan menunggangi kuda ini merambah sejumlah wilayah di Indonesia tak terkecuali di Sumsel. Saat ini banyak penggiat olahraga berkuda yang memberikan literasi dan edukasi bagaimana teknik berkuda baik secara  secara konvensional maupun dilatih secara profesional guna menarik minat masyarakat mencintai olahraga ini.

“Berbagai perspektif masyarakat kita yang mendorong pesatnya olahraga berkuda ini dikalangan masyarakat. Ada yang memang ingin menjalankan  Sunnah Rasul. Sebagian lagi karena   gaya hidup atau prestasi.  Apapun itu kita sebagai pengurus Fordasi Sumsel, kita  patut bersyukur dan bangga paling tidak ada efek dari perkembangan berkuda saat ini,” katanya Herman Deru saat membuka Kejuaraan Berkuda Piala Gubernur Sumsel di 3D Satble Gandus Palembang, Sabtu (19/11) pagi.

Baca :  Herman Deru dan Forkopimda Lakukan Antisipasi Jangka Pendek Hadapi Isu Perubahan Skema Harga BBM

Dengan perkembangan berkuda yang cukup pesat saat ini,  Herman Deru yakin paling tidak ada efek lain  seperti rekrutmen tenaga kerja, aktivis-aktivis berkuda termasuk pengetahuan tentang teknis olahraga berkuda bahkan efek ekonomi yang berkembang dalam usaha  kuda itu sendiri.

“Inilah salah satu Tanggugjawab moril kita dengan menyemarakan olahraga berkuda ini dengan cara kompetisi-kompetisi dari berbagai tingkatan baik amatir dan profesional,” tambahnya.

Herman Deru ke depan berharap olahraga berkuda ini menjadi bagian sesuatu yang tidak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari warga Sumsel.

“Jadi bisa juga kuda ini hiburan dan sekaligus alat transportasi bagi masyarakat yang menginginkannya,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Sumsel, Ratu Tenny Leriva HD menegaskan, digelarnya Kejuaraan Berkuda Piala Gubernur Sumsel tahun 2022 ini  merupakan bukti begitu pesatnya  perkembangan olahraga  berkuda di Sumsel. Melalui kompetisi ini lanjutnya, bertujuan  menjaring dan mencetak atlet berkuda dari berbagai daerah di  Sumsel.

Baca :  Gerak Cepat Herman Deru Perbaiki Ruas Jalan Penghubung Sungai Are dan  Sindang Danau OKU Selatan

“Target kami tentu atlet yang berhasil menjadi pemenang pada  Kejuaraan Berkuda Piala Gubernur ini dapat bertanding pada tingkat nasional bahkan internasional,” imbuhnya.

Iva mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel dan semua pihak yang terus mendukung dan mensupport perkembangan olahraga berkuda di Sumsel.

“Terima kasih atas support atau dukungan semua pihak sehingga kejuaraan berkuda ini dalam terlaksana,” terangnya.

Ditempat yang sama Kepala Dispora Provinsi Sumsel, Rudi Irawan mengatakan kejuaraan berkuda ini bertujuan untuk Memasyarakatan olahraga berkuda sehingga memberikan ruang dan waktu para raider untuk meningkatkan prestasi sekaligus  serta mencetak atlet berkuda yang berkualitas.

“Peserta kejuaraan ini diikuti kurang lebih 60 orang yang berasal dari Sumsel dan ada juga yang dari  luar daerah. Kejuaraan ini berlangsung dari tanggal 17 sampai 19 November 2022,” pungkasnya. (Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com