Damkar Kota Palembang Kerahkan Tiga Pompa Apung Padamkan Kebakaran di Siliwangi
Damkar Kota Palembang turunkan tiga pompa apung saat musibah kebakaran di Lorong Siliwangi Kelurahan 5 Ulu Palembang.

Damkar Kota Palembang Kerahkan Tiga Pompa Apung Padamkan Kebakaran di Siliwangi

Palembang,SindoSumsel.com—Sulitnya akses jalan menuju titik kebakaran di Lorong Siliwangi Kecamatan Seberang Ulu Palembang, memaksa petugas damkar  Kota Palembang menerjunkan tiga pompa air ke Sungai Musi.

Terlihat di lokasi ketiga pompa tersebut diturunkan di aliran sungai musi yang sedang pasang guna membantu pemadaman api di TKP kejadian. Selain itu juga dari mobil PBK yang berada di Jalan KH Azhari selang panjang juga dipasang sampai menuju titik api.

“Kebakaran di pemukiman padat penduduk yang membakar rumah kayu dan berdekatan, akses jalannya membuat kami kesulitan masuk ke dalam atau ke titik kebakaran. Apalagi mobil besar yang ingin masuk sulit ke dalam sehingga kita terjunkan tiga pompa apung yang kita letakkan di aliran sungai musing yang sedang pasang,”ujar Kasi Operasi Damkar Kota Palembang Ardiansyah, Sabtu(1/4/2023).

Ia mengungkapkan, butuh waktu lebih dari tiga jam untuk memadamkan api di kawasan padat penduduk tersebut. “Kita mendapatkan infonya dari pukul 9.30WIB pagi dengan menurunkan 13 unit PBK ,”Katanya.

Sebelumnya, kepulan Asap Hitam terlihat di Jalan KH Azhari Lorong Siliwangi Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang yang menghanguskan enam rumah milik warga, diduga penyebab kebakaran tersebut akibat arus pendek listrik.

Puluhan warga terlihat berjibaku memadamkan api dengan menggunakan air anak anak sungai Musi. Akses jalan yang sempit membuat petugas pemadam kebakaran sulit masuk membawa mobil, sehingga diterjunkan dua pompa apung yang digunakan.

Baca :  Tiga Pekerja Renovasi PIM Mall Digelandang ke Polrestabes, Curi Kabel Hingga Alami Kerugian 75 Juta

“Posisinya ibu dan adik ada di dalam, ibu dibawah adik di lantai dua, untunglah tadi ada warga yang teriak kebakaran sehingga ibu dan adik saya berhasil keluar,”ujar Dia(36) pemilik rumah yang ikut terbakar, Sabtu(1/4/2023).

Ia mengungkapkan, kebakaran tersebut tersebut sudah terjadi sejak pukul 10.34WIB, yang tak satupun barang berhasil diselamatkan oleh korban jiwa. “Sejauh ini tiga rumah yang terbakar. Tidak ada yang bisa kami selamatkan, hanya baju dibadan saja,”katanya.

Dengan musibah kebakaran kali ini, Ibu dan adeknya Dia terpaksa menginap di rumahnya yang tak jauh dari lokasi kejadian kebakaran. ‘Saat ini ngungsi dulu kak ibu samo adek aku. Kalu dak di tempat aku di tempat adek aku,’katanya.

Sementara itu, Kapolsek Seberang Ulu 1 Palembang Kompol Firdaus menuturkan, bila kebakaran tersebut terjadi sejak pukul 10.30 WIB yang menghanguskan enam rumah kayu hangus terbakar.

“Akses jalan yang sempit membuat petugas PBK kesulitan masuk kedalam karena jaraknya sekitar 300 meter, yang rumahnya padat penduduk. Ada 6 rumah yang terbakar dan 4 diantaranya terdampak,”Katanya.

 Hingga kini api berhasil dipadamkan, dan tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran kali ini.

Baca juga: Rizki Okta Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Plaju Hembuskan Nafas Terakhir