Selasa , 16 April 2024

Dewan Pakar Partai NasDem Muara Enim Eddy Rianto Temukan Kecurangan Pemilu

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM-Ditemukannya kecurangan Pemilu(Pemilihan Umum) oleh Dewan Pakar Partai NasDem Muara Enim Eddy Rianto melaporkan Panwas & PPK ke Bawaslu Sumatera Selatan. 

Laporan tersebut terkait dengan adanya penggelembungan suara di Sungai Rotan Muara Enim Sumatera Selatan bukan hanya masalah teknis, tetapi juga soal ketidak transparan tanda tangan hasil rapat pleno.

“Mereka hanya bersedia menandatangani satu saksi dari NasDem dengan alasan kehabisan kertas. Namun, setelah kami memaksa, akhirnya mereka memberikan apa yang kami minta,”ujarnya kepada wartawan, Sabtu(2/3/2024).

Lebih lanjut, Eddy Rianto mengungkapkan dugaan serius terkait suara yang diklaim lebih dari 2 persen dari semua mata pilih.

“Dari TPS-TPS di sana, banyak yang tidak datang, tapi anehnya suara tetap tembus. Saya sudah cek dari saksi partai NasDem sendiri,” tegasnya.

Baca :  Tokoh Masyarakat Muba Ramai-Ramai Mulai Beri Dukungan ke H. Apriyadi Mahmud untuk Jadi Calon Bupati

Sementara itu Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan, menyatakan bahwa laporan tersebut masih dalam penelitian.

“Benar, tadi malam sudah kami terima dan kini masih kami teliti,” ungkap Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan, ketika dikonfirmasi wartawan.

Ia menuturkan, saat ini pihaknya masih memproses kajian awal, apakah laporan sudah terpenuhi atau belum.

“Tentunya, kita akan periksa dulu sudah memenuhi syarat formil dan materil atau tidak. Jika semua lengkap akan segera diproses, begitu sebaliknya, jika masih belum lengkap, pihak kami akan memberitahukan kepada pelapor,” singkatnya