Digelar 28 Agustus, Liga 2 Digelar Dengan Format 3 Wilayah

SindoSumsel.com – Pertanyaan mengenai kapan pelaksanaan Liga 2 Indonesia tahun 2022, akhirnya terjawab sudah. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) dan klub-klub peserta, menyepakati bahwa kompetisi dimulai pada 28 Agustus 2022 dan dijadwalkan berakhir 26 Februari 2023 dengan total dua puluh delapan peserta.

Dua puluh delapan klub itu, terbagi ke dalam tiga wilayah, yakni Barat, Tengah, dan Timur. Di wilayah Barat, ada Karo United, Perserang, PSKC, Persiraja Banda Aceh, PSDS Deli Serdang, PSMS Medan, PSPS Riau, Semen Padang, dan Sriwijaya FC.

Sedangkan di Wilayah Tengah, asa FC Bekasi City, Nusantara United, Persegres Gresik, Persekat Tegal, Persela Lamongan, Persijap Jepara, Persikab Kabupaten Bandung, Persipa, PSCS Cilacap, dan PSIM Yogyakarta.

Baca :  Herman Deru Wujudkan Keinginan Masyarakat Ogan Ilir Miliki Stadion Olahraga

Persipura Jayapura yang musim lalu terdegradasi, berada di Wilayah Timur bersama Babel United (Persipal), Kalteng Putra, Persewar, Persiba, PSBS, PS. Deltra Sidoarjo, Putra Delta Sidoarjo, dan Sulut United.

Dua puluh delapan klub yang berada di tiga wilayah ini, masing-masing akan menjalani pertandingan kandang dan tandang di Babak Penyisihan. Kemudian, peringkat satu dan dua di klasemen akhir, berhak melanjutkan pertandingan di Babak Enam Besar dengan sistem kandang dan tandang yang nantinya ditentukan oleh PT. LIB. Juara dari masing-masing grup di Babak Enam Besar, akan bertemu di pertandingan final. Sedangkan peringkat kedua, bertemu di babak play off untuk menentukan peringkat ketiga.

Baca :  Resmi, Sriwijayafc tetap berhomebase di Palembang

Jika dua klub atau lebih memiliki poin yang sama, maka peringkat di klasemen ditentukan melalui Head To Head, kemudian Selisih Gol, Produktivitas Gol, Poin Fair Play, dan Undian. Peringkat 1, 2, dan 3 Liga 2 Indonesia tahun 2022 berhak promosi ke Liga 1 Indonesia tahun 2023 mendatang. Sedangkan yang degradasi ke Liga 2, sebanyak 8 klub. (Fz)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Herdi Sulestyo