Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik XXVII STISIPOL Candradimuka Palembang di Desa Merah Mata, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin.
Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik XXVII STISIPOL Candradimuka Palembang di Desa Merah Mata, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin.

Dorong Digitalisasi Potensi Ekonomi Kampung Laos Banyuasin

SindoSumsel.com, Banyuasin — Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Desa Merah Mata, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik XXVII STISIPOL Candradimuka Palembang Kelompok 1 menyelenggarakan seminar pengabdian masyarakat dengan tema Produksi Hilir Kampung Laos : Pioneer Digital Society Aspek Ekonomi di Desa Merah Mata, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2023.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber yang berpengalaman dalam bidang ekonomi dan pengembangan masyarakat, yakni Seftian (Kepala Desa Merah Mata), Nopran (Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyuasin), Sumarni Bayu Anita (Dosen S1 & S2 Ilmu Komunikasi dan Wakil Ketua III Bidang Kerja Sama, Kemahasiswaan dan Alumni STISIPOL Candradimuka), Sri Wahyuni (Ketua UMKM Makmur Sejahtera Desa Merah Mata), dan Gianto (Staf Marketing Support PT. Pupuk Sriwijaya).

“Acara ini sebagai puncak kegiatan KKN Tematik yang telah berlangsung sejak 14 Juli sampai 14 Agustus 2023 nanti. Kelompok 1 sendiri fokus mengangkat tentang digital society peningkatan ekonomi Kampung Laos yang juga menjadi ikon Desa Merah Mata.” ujar Sumarni Bayu Anita, saat membuka acara seminar yang juga merupakan Dosen Pembimbing Lapangan KKN Kelompok 1.

Selain acara seminar pengabdian di Kantor Desa Merah Mata, sebelumnya Kelompok 1 juga mengadakan seminar pengabdian di MA Nuruzhulam Desa Pulau Borang pada hari Kamis tanggal 27 Juli 2023 tentang Entrepreneurship Communication dan di SMA Negeri 3 Banyuasin I Desa Merah Mata pada hari Sabtu tanggal 29 Juli 2023 tentang Digital Society.

Baca :  Dicabuli Mantan Pacar Perempuan Asal Pagaralam Lapor Polisi

“Terima kasih atas kehadiran adik-adik mahasiswa KKN STISIPOL Candradimuka di Desa Merah Mata. Satu bulan tidak terasa akan berakhir, namun kegiatan seminar pengabdian hari ini benar-benar mengajak kami bersama warga Merah Mata untuk terus berusaha menjadikan Kampung Laos sebagai ikon baru yang juga bermanfaat untuk mensejahterakan masyarakat.” kata Seftian, yang disambut meriah oleh 50 orang peserta yang hadir.

Sumarni dan Septian berharap, seminar ini bisa menjadi platform penting untuk mendiskusikan potensi ekonomi yang dimiliki oleh Desa Merah Mata, khususnya dalam konteks produksi hilir Kampung Laos dan pemanfaatan aspek digital untuk mendorong kemajuan ekonomi di wilayah tersebut.

Para peserta seminar diharapkan akan mendapatkan wawasan baru dan inspirasi dalam mengembangkan usaha dan potensi ekonomi di Desa Merah Mata. Selain seminar, juga diadakan live cooking pembuatan keripik laos, pemutaran video KKN, pemotongan tumpeng, dan serah terima bantuan fisik berupa pupuk dari PT. Pusri dan plang Selamat Datang Kampung Laos dari Mahasiswa KKN Kelompok 1 STISIPOL Candradimuka. (ohs)