Minggu , 23 Juni 2024
Terdakwa Edy Ganefo Sedang mendengarkan Putusan Yang dibacakan langsung Oleh Majelis Hakim (15/01/24)

Edy Ganefo Divonis Hakim 2 Tahun 6 Bulan, Perkara Penipuan Uang 500 Juta

Palembang, Sindosumsel.com – Lanjutan Sidang Perkara Pidana Dugaan Penipuan Terdakwa Ir.Edy Ganefo dengan agenda Putusan yang dipimpin langsung oleh ketua Majelis Hakim persidangan Edy Saputra Palawi SH, MH, dipengadilan Negeri (PN) Palembang pada Hari Senin, (15/01/24)

Putusan tersebut dibacakan oleh majelis hakim Edi Saputra Palawi SH MH pada persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Palembang Senin (15/01/24).

Dalam jalannya Persidangan Majelis Hakim Membacakan Putusan bahwa terbukti secara sah dan meyakinkan Terdakwa Ir. Edy Ganefo dijatuhi Hukuman 2 tahun 6 bulan Penjara serta membayar biaya Perkara sebesar 5 ribu Rupiah.

Pada Amar Putusan Hakim membacakan secara subjektif tentang isi kronologis dalam perkara Menimbang terdakwa sudah menghadirkan saksi yang meringankan dimana keterangan para saksi diantaranya mengajukan surat T1 dan sampai dengan T 85 sehingga dapat di jadikan alat bukti dalam persidangan.

Sebelumnya terdakwa telah di tuntut oleh Jaksa penuntut umum (JPU) Kejati Sumsel Rini Purnamawati SH, MH, dengan Tuntutan 2 tahun 6 bulan kepada Terdakwa Ir Edy ganefo.

Baca :  Meski Sudah Temui Bayi Suparman, Korban Belum Ambil Sikap Cabut Laporan

“Sampai saat ini terdakwa belum mengembalikan pinjaman nya sebesar 500 juta Atas perbuatan terdakwa
korban mariani mengalami kerugian sebesar 500 juta” Ujar Majelis Hakim.

Majelis Hakim menilai bahwaTerdakwa tidak dapat membuktikan telah mengembalikan uang kepada korban mariani, Dan tidak mempunyai itikad baik dalam suatu rangkaian kebohongan agar Terdakwa dapat meminjam uang sebesar 500 juta sehingga tindak pidana ini terjadi , Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan Tindak Pidana dalam Pasal 378.

“Yang memberatkan Terdakwa tidak mengakui perbuatan nya, dan yang meringankan terdakwa belum pernah di tahan” Ujar Edy Palawi.

Selanjutnya Terdakwa telah berdiskusi Kepada Tim Penasehat Hukum dan menyatakan Sikap pikir-pikir terhadap putusan sidang tersebut.(nan)