Erupsi di Gunung Dempo, Masyarakat Diimbau Tak Camping
tangkapan layar yang terekam CCTV.

Erupsi di Gunung Dempo, Masyarakat Diimbau Tak Camping

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Pos Pengamatan Gunung Dempo mengumumkan telah terjadi erupsi di Gunung Dempo Sumatera Selatan, Selasa (25/7/ 2023) pukul 21:15 WIB.

Terpantau  tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.173 m di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah selatan dan barat daya.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi ± 3 menit 24 detik. Saat ini Gunung Dempo berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi:

Baca :  APBD Sumsel 2024 Rp11,239 Triliun Lebih

“Saya konfirmasi dengan Pos Pengamat masih aman karena belum ada kenaikkan level,”ujar Humas BPBD Sumsel Ansori saat dihubungi via telepon, Rabu(26/7/2023).

Pos Pengamatan Gunung Dempo mengumumkan telah terjadi erupsi di Gunung Dempo Sumatera Selatan, Selasa (25/7/ 2023) pukul 21:15 WIB.

Dihimbau masyarakat sekitar untuk tidak mendekati di pusat aktivitas kawah merapi Gunung Dempo. “Masyarakat, pengunjung/wisatawan tidak mendekati dan bermalam (camping) di pusat aktivitas kawah Marapi – G. Dempo dalam radius 1 km, serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan,”katanya.