Gerak Cepat Antisipasi Dampak Kabut Asap, Pemkab Muba Bagikan Ribuan Masker Untuk Masyarakat

SindoSumsel.com, SEKAYU, – Kabut asap yang merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi dibeberapa wilayah, akhir-akhir ini melanda beberapa daerah di Provinsi Sumatera Selatan, salah satunya Kabupaten Musi Banyuasin.

Untuk itu, sebagai upaya antisipasi potensi yang dapat merugikan masyarakat atas dampak kabut asap, Pemerintah Kabupaten Muba melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama pihak terkait mulai membagikan masker secara gratis kepada warga yang melintas dalam Kecamatan Sekayu, Rabu (4/10/2023.

“Hari ini tim kita (TRC BPBD Muba) bersama, Polres Muba, Dinas Kesehatan, Pemerintah Kecamatan Sekayu dan Satpol PP bagikan sebanyak 10.000 masker kepada masyarakat dan pengendara yang melintas di jalan dalam Kota Sekayu,” kata Kepala BPBD Muba H Pathi Riduan SE ATD MM melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Erik.

Baca :  Hadiri Wisuda ke 14 Politeknik Sekayu, Pj Bupati Apriyadi Minta Lulusan Terus Upgrade Kemampuan

Pembagian masker tersebut dilakukan dibeberapa titik, yakni di Jl. Kol Wahid Udin Simpang 4 Rumah Dinas Bupati Muba, dan Tugu Bintang Sekayu, serta di sekolah-sekolah.

Dikatakannya, aksi sosial membagikan masker ini untuk membantu masyarakat agar terhindar dari berbagai penyakit seperti gangguan tenggorokan dan pernapasan.

“Sembari membagikan masker, kita juga menghimbau kepada warga agar mengurangi aktifitas di ruangan terbuka mengingat intensitas kabut asap semakin meningkat, akan tetap bila harus beraktifitas disarankan menggunakan masker agar terhindar dari penyakit,” imbuhnya. (Mif)