Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru meresmikan kampus baru Universitas Islam Ogan Komering Ilir (UNISKI) di Kabupaten OKI, Senin (28/2) pagi.
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru meresmikan kampus baru Universitas Islam Ogan Komering Ilir (UNISKI) di Kabupaten OKI, Senin (28/2) pagi.

Gubernur  Herman Deru  Apresiasi Keberadan UNISKI  Dalam Menyiapkan SDM Sumsel yang Berintegritas

SindoSumsel.com, KAYU AGUNG –  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru meresmikan kampus baru Universitas Islam Ogan Komering Ilir (UNISKI) di Kabupaten OKI, Senin (28/2) pagi.

Gubernur Herman Deru menyebut keberadaan  kampus baru  tersebut sangat penting dalam upaya mempersiapkan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk membangun Provinsi Sumsel ke depannya.

“Kebutuhan terpenting selain kesehatan adalah pendidikan. Pendidikan tidak hanya dari formal saja, pendidikan juga bisa didapat dari informal. UNISKI ini menyajikan begitu banyak varian ilmu sesuai tageline Disiplin, Islami dan Cerdas,” katanya saat mengawali sambutan pada peresmian kampus baru UNISKI Kayu agung Kab. OKI.

Dengan segala keunggulan pembangunan dan fasilitas di UNISKI lanjut Herman Deru, seluruh aktifitas civitas akademika  dapat mengembangkan lompatan inovasi dan kreativitas, serta membuka diri terhadap hal-hal baru dengan tetap menjaga nilai-nilai budaya lokal.

“Saya  selalu berpesan bahwa saat ini tantangan kita sungguh sangat makin bervariasi, membuat kita berpikir keras jika tidak kita akan berhenti disini. Inovasi itu datang dalam keterhimpitan. Bergerak saja, berbuat saja pasti kesuksesan itu akan mencari caranya menemukan orang yang tepat,”  tegasnya.

Herman Deru juga mengharapkan agar ke depannya UNISKI dapat membangun jejaring kolaborasi dengan berbagai pihak, sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi peningkatan akses pendidikan dan kualitas hidup masyarakat khususnya di Provinsi Sumsel.

Baca :  Herman Deru Dorong Guru di Sumsel Konsisten Lahirkan Inovasi Baru

“Teruslah pupuk peningkatan kapasitas pengajar, sudah dibuktikan 24 persen alumni diterima jadi ASN. Hal ini menandakan kapasitas trasformasi ilmu itu baik, dan dengan ilmu yang up to date,” tambahnya.

Dia menyebut, di era penuh tantangan dewasa ini dibutuhkan kerja keras semua pihak dalam mempersiapkan SDM yang  memiliki integritas,  berkarakter dan kemauan kuat untuk dapat bersaing dengan daerah dan  bangsa lain.

“Tidak semua daerah bisa mendirikan universitas, ini akan menjadi barometer bagi kelahiran intelektual berikutnya, OKI butuh pengelolaan SDM  yang mumpuni, dan terpenting integritas. Karena tidak ada guna kita pintar tapi tidak berintegritas,” pungkasnya.

Sebagai wujud apresiasainya terhadap keberadaan  UNISKI sebagai lembaga pendidikan mencetak SDM Sumsel, dalam kesempatan yang sama Gubernur Herman Deru memberikan satu mobil operasional untuk antar jemput para dosen.

“Sebagai ucapan terimakasih Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan atas upaya UNISKI dalam mencetak, menyiapkan SDM Sumsel. Maka dikesempatan ini Saya berikan satu unit mobil operasional untuk UNISKI. Mudah-mudahan bisa bermanfaat,” tandasnya.

Sementara itu, Pembina Yayasan Islam Bende Seguguk Kayuagung sekaligus Anggota DPR RI Ir. H. Ishak Mekki, M.M, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Sumsel  yang telah memberikan dukungan penuh untuk UNISKI,  dalam rangka meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat di Provinsi Sumsel khususnya di Kabupaten OKI.

Baca :  Herman Deru  :"Kedewasaan Berpolitik di Sumsel  Tetap Terjaga"

“Terimakasih Bapak Gubernur berserta jajaran, UNISKI hadir untuk menjadikan generasi OKI berpendidikan dengan biaya yang relatif murah dan terjangkau,” tuturnya.

Ishak Mekki menuturkan, sejarah berdirinya UNISKI itu bermula karena keinginannya  masyarakat Kabupaten OKI khususnya masyarakat dari kalangan yang tidak mampu untuk  mengenyam pendidikan.

Adapun total gedung yang dibangun lanjut mantan Wagub Sumsel ini,  sebanyak tiga gedung yang terdiri dari 26 ruangan.  Kemudian UNISKI terdiri dari  4 Fakultas meliputi Fakultas Teknik, Fakultas FKIP, Fakultas Hukum, dan Fakultas Perikanan.

“Pendidikan itu penting dalam menunjang Kabupaten OKI, karena dari UNISKI ini juga dapat menggeliat ekonomi dengan adanya pembangunan disana-sini. Ada mahasiwa ataupun dosen jadi pemacu dalam menjadikan kampus ini eksis. Saya ucapkan terimakasih untuk semua pihak,  manfaatkan kampus ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Hadir pula dalam kesempatan ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel H. Muchendi Mahzareki, S.E., Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten OKI Drs. H. Antonius Leonardo, M.Si., Mantan Rektor Unsri sekaligus pembina yayasan Prof.Ir.H. Mahmud Hasyim dan tamu undangan penting lainnya. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com