Kamis , 22 Februari 2024
Gunakan Ihram 359 Jamaah Asal Kota Palembang dan Muba Menuju Jeddah
Ratusan jamaah Haji Kloter 11 menuju Jaddah

Gunakan Ihram 359 Jamaah Asal Kota Palembang dan Muba Menuju Jeddah

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Usai tiba di Asrama Haji Embarkasi Palembang dan mempersiapkan kebutuhan lainnya 359 jamaah haji asal Kota Palembang dan Banyuasin hari ini, Kamis(8/6/2023) terbang menuju Jeddah.

Berangkat dari Bandara SMB II Palembang jemaah kloter 11 langsung mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi. Nantinya, mereka akan mengambil miqat dan berniat umrah saat berada di pesawat, tepatnya di atas Yalamlam (Jeddah), selanjutnya jemaah akan menuju Mekkah untuk melaksanakan umrah wajib.

“Jaga kesehatan, ibadah haji jangan terlalu diforsir, apalagi kita gelombang kedua, sudah memakai pakaian ihram tolong dipatuhi apa yang disampaikan petugas kloter mulai dari bandara, hingga nanti di Arab Saudi,”ujar Kepala Kankemenag Musi Banyuasin Muhammad Makki.

Makki meminta untuk menjaga kekompakan karena banyak jemaah lansia. Selain itu juga untuk mendengarkan imbauan dari pembimbing ibadah terkait larangan ihram dan larangan lainnya. 

“Jaga kekompakan, ada kakek kita, nenek kita, mbah kita, kalau kita mengikhlaskan membantu insya Allah ditambah sebagai nilai ibadah. sempurnakan betul-betul rukun haji, wajib haji serta saling mengingatkan larangan ihram dan larangan lainnya. Apa yang disampaikan pembimbing ibadah dipatuhi. Selamat jalan bapak-bapak, ibu-ibu,”tutur Makki

Baca :  Pameran Lukisan KOMPI, Ada Lukisan Huegeng Terjual

Pada kesempatan itu pula, Makki meminta kepada jamaah untuk menjaga nama baik, Kabupaten Musi Banyuasin dan Provinsi Sumatera Selatan. Dia mendoakan jamaah haji yang diberangkatkan pulang dengan jumlah yang sama ke tanah air serta menjadi haji yang mabrur. 

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil menjelaskan, dengan keberangkatan kloter 11, Embarkasi Palembang hingga saat ini sudah memberangkatkan 3.950 jemaah dengan rincian 2.831 dari Sumsel, 1.065 asal Bangka Belitung, dan 54 petugas kloter. Adapun jamaah yang tertunda hingga saat ini berjumlah dua orang.

“Satu jamaah kloter 3 yaitu Ibu Mursidah yang sempat tertunda karena sakit, Alhamdulillah hari ini bisa berangkat bersama kloter 11,” jelas Armet.

Baca juga: Kumpulkan Uang 10 Tahun Dari Hasil Bertani Untuk Naik Haji