Gubernur Sumsel H Herman Deru Safari Jum'at di Masjid Al Akhyar, Jum'at (10/12).
Gubernur Sumsel H Herman Deru Safari Jum'at di Masjid Al Akhyar, Jum'at (10/12).

Herman Deru Ajak Masyarakat Talang Betutu Tekan Biaya Hidup Lewat Sumsel Mandiri Pangan

Sindosumsel.com, PALEMBANG – Safari Jum’at yang setiap pekannya dilakukan Gubernur Sumsel H Herman Deru rupanya tidak hanya dimanfaatkan untuk bersilahturahmi dengan masyarakat.

Kegiatan tersebut juga dijadikan orang nomor satu di Sumsel itu untuk mengajak masyarakat agar bisa mengubah pola agar kesejahteraan dapat lebih meningkat dengan menekan biaya hidup.

Salah satunya upayanya yakni melalui ajakan untuk menerapkan program Sumsel Mandiri Pangan. Dimana setiap rumah tangga diharapkan dapat memanfaatkan perkarangannya untuk menanam hasil pertanian yang nantinya dapat dikonsumsi oleh keluarga.

“Terkadang setiap rumah tangga itu tidak sadar jika biaya makan selain nasi, itu jauh lebih besar. Seperti bahan pelengkap makanan diantaranya cabai, bawang dan lainnya tidak pernah kita hitung, padahal biayanya lebih besar,” kata Herman Deru di sela Safari Jum’at di Masjid Al Akhyar Kelurahan Talang Betutu, Kecamatan Sukarami Palembang, Jum’at (10/12).

Baca :  Kepedulian Herman Deru Tambah Semangat Umat Makmurkan Masjid 

Sebab itulah, diberbagai kesempatan Herman Deru kerap mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu untuk rajin menanam tanaman untuk kebutuhan rumah tangga di perkarangan rumahnya.

“Termasuk memelihara ikan untuk dikonsumsi sendiri bisa kita lakukan di sekitar rumah. Nanti bibit dan lainnya kita akan bantu,” terangnya.

Selain dapat menekan biaya hidup, upaya itu juga dilakukan agar kebutuhan gizi keluarga dapat tercukupi tanpa mengeluarkan biaya lebih.

“Kita ingin mengubah pola pikir masyarakat dari yang tadinya konsumtif menjadi produktif. Jadi penghasilan yang tadinya hanya untuk biaya makan bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya seperti pendidikan. Ini juga dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga sehingga mencegah stunting,” paparnya.

Baca :  Herman Deru Keliling Ponpes Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Sementara itu, Ketua Masjid Al Akhyar Junaidi Sahri mengapresiasi berbagai program yang dilakukan Gubernur Herman Deru.

Dia berharap berbagai upaya yang dilakukan Herman Deru membawa manfaat dan kemajuan bagi masyarakat.

“Kita terus mendukung upaya pak Gubernur ini. Semoga upaya ini terus berjalan baik dan membawa dampak bagi kemajuan,” katanya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru juga memberikan sejumlah bantuan untuk pengembangan masjid Al Akhyar.

Turut hadir, Sekretaris Masjid Al Akhyar Euslan Ujang, Khotib Ustad Ading, Lurah Talang Betutu Ridho Rasyid, Camat Sukarami M Fadli, Ustad Solihin Hasibuan dan sejumlah OPD di lingkungan Provinsi Sumsel. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com