Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Gubernur Sumsel Herman Deru saat Menghadiri pelantikan dilakukan di Pasar Rakyat Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Minggu (18/12) siang.
Gubernur Sumsel Herman Deru saat Menghadiri pelantikan dilakukan di Pasar Rakyat Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Minggu (18/12) siang.

Herman Deru Ajak Pujasuma Muara Enim Turut Andil Sukseskan GSMP

MUARAENIM, SindoSumsel. Com – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru yang juga bertindak sebagai Ketua Dewan Pembina Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera (Pujasuma), melantik dengan resmi Pujasuma  Wali Daerah, Wali Kecamatan, Wali Desa/Kelurahan, se-Kabupaten Muara Enim Masa Bhakti 2022-2027.

Pelantikan dilakukan di Pasar Rakyat Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Minggu (18/12) siang.

Gubernur  Herman Deru dalam arahanya menegaskan lebih dari 40 persen penduduk Sumsel adalah masyarakat Pujasuma yang tetap menjaga tradisi jawa secara original, hidup berdampingan dengan penduduk pribumi.

“Kekuatan budaya jawa yang masih terpelihara, jangan sampai putus  dari akar budaya,” katanya mengawali sambutan.

Baca :  Polisi Sita Genset Pekerja Jembatan Ampera Yang Sebabkan Kemacetan

Pujasuma  diharapkannya untuk tidak menjadi suku yang ekslusif,  harus membaur dalam kebudayaan, membaur dalam silaturahmi dan dalam ekonomi.

“Kekuatan pembangunan itu salah satunya solid, Sumsel ini kelebihannya zero konflik, tidak ada kerusuhan antar umat beragama, atas suku atau etnis. Ini semua berkat kerjasama yang baik antara  Pujasuma dengan suku bali,  suku komering baik, dengan orang batak baik, jadi ini tugas pak Adi suranto sebagai ketua Pujasuma Muara Enim mempertahankn keindahan ini,” harapnya.

Provinsi Sumsel lanjut Herman Deru saat ini sedang gencar-gencarnya  menjalankan  Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), Program GSMP mengubah Maindset masyarakat yang tadinya pembeli menjadi penghasil. Karena itu dia mengajak warga Pujasuma turut andil berkontribusi dalam mensukseskan GSMP.

Baca :  Pemprov Sumsel Gandeng ASPEDI Angkat Seni dan Budaya 

“Sudah terbukti  GSMP mampu menurunkan angka kemiskinan, mayoritas petani memberikan kontribusi dalam  ketahanan pangan,” tambahnya.

Sementara Dewan pembina Pujasuma kabupaten Muara Enim yang juga sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Muara Enim Kurniawan, mengucapkan selamat kepada Pujasuma Muara Enim yang baru dilantik dan Ia mendoakan semoga Pujasuma untuk tetap solid.

 “Terimakasih telah mewarnai indahnya keberagaman di Bumi Serasan Sekundang,” pungkasnya. (Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com