Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Herman Deru Cek Kesiapan Personel Gabungan Pengamanan Nataru Operasi Lilin Musi 2022  

PALEMBANG, SindoSumsel. Com- Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel yang telah mempersiapkan personel gabungan untuk pengamanan Natal 2022  dan Tahun Baru (Nataru) 2023 di Wilayah Provinsi Sumsel.

Apresiasi tersebut  dibuktikan dengan kehadirannya pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2022 dan Apel Sispamkota Tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, bertempat di halaman depan Stadion Gelora Sriwijaya (SGS) Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis (22/12) pagi.

Dalam apel gabungan yang melibatkan unsur mulai dari  TNI/Polri, Dishub, Pol PP, serta Dinas Instansi terkait lainnya  itu diawali dengan pengecekan kesiapan personel oleh Gubernur H Herman Deru didampingi  Kapolda Sumsel, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Danrem 044/Gapo melakukan pada pengamanan Nataru 2022.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo mengucapkan terima kasihnya  kepada Gubernur Herman Deru yang sudah hadir langsung untuk melihat persiapan personel pengamanan Nataru di Sumsel.

Baca :  Tahanan Kabur, Nama Kapolsek KSKP Boom Baru Masuk Dalam Daftar Mutasi

Dalam sambutan tertulis Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo  yang dibacakan Kapolda Sumsel  menegaskan, pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali sehingga pemerintah memberikan kelonggaran bagi aktivitas masyarakat termasuk perayaan Nataru. Oleh karena itu   Polri  didukung TNI dan  instansi lainnya menggelar operasi lilin yang akan dimulai  sejak tanggal  23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023 mendatang.

“Operasi Lilin ini melibatkan personel kurang lebih 166 ribu yang ditempat berbagai pos pengamanan pelayanan terpadu guna mengamankan Nataru. Bahkan berbagai hal sudah dipersiapkan guna pengamanan ini agar masyarakat merasa aman dan nyaman,” tegas  Kapolda.

Selanjutnya Kapolri  menekankan  pengamanan Nataru  fokus pada pengamanan potensi yang harus diwaspadai, baik dari sisi kesehatan, keamanan kelancaran lalu lintas baik darat, udara dan laut. Kemudian kejahatan, bencana alam serta pengendalian ketahanan pangan dan BBM.

Baca :  Pentingnya Peran Keluarga  Dalam  Pencegahan Korupsi

“Khusus pengamanan ibadah Natal perlu pastikan setiap lokasi itu dilakukan sterilisasi melibatkan unsur TNI, Densus 88 dan eleman masyarakat,” tegas Kapolda.

Kapolri dalam sambutan tertulisnya juga  mengingatkan anggotanya agar objek wisata juga menjadi perhatian jangan sampai ada kemacetan. Selanjutnya pemanfaatan command center yang dilengkapi peralatan yang tersedia juga dimaksimalkan pemanfaatannya.

“Keberhasilan Operasi Lilin merupakan tanggungjawab bersama yang harus dapat kita selesaikan, oleh sebab itu kepada petugas personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergitas, soliditas selama bertugas. Saya yakin dengan sinergitas dna soliditas maka Nataru akan berjalan lancar, aman dan nyaman,”  tutup Kapolda.

Sementara itu dalam  rangkaian  Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2022 dan Apel Sispamkota Tahun 2022 dilakukan  simulasi sistem pengamanan kota Palembang dengan melibatkan semua kekuatan, Kendararaan taktis serta patroli milik  TNI/Polri serta petugas kesehatan. (Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com