Gubernur Sumsel H Herman Deru saat mengahadiri Festival Durian Muara Enim Tahun 2022 yang digrlar di  Plumeria Ecopark Muara Enim,  Minggu (28/8) siang.
Gubernur Sumsel H Herman Deru saat mengahadiri Festival Durian Muara Enim Tahun 2022 yang digrlar di  Plumeria Ecopark Muara Enim,  Minggu (28/8) siang.

Herman Deru :’Citarasa Durian Muara Enim, Tak Kalah Dengan Durian Impor”

SindoSumsel.com, MUARA ENIM  – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru menyebut banyak buah-buahan lokal dari Sumsel yang tidak kalah dengan citarasanya jika dibanding dengan buah impor. Salah satunya durian dari Kabupaten Muara Enim yang  dijuluki si raja dengan aroma khas harum menyengat, rasanya lezat, dan dagingnya buahnya sangat lembut.

“Durian kita tidak kalah kualitasnya bahkan jauh lebih baik dari durian impor seperti durian montong. Di Muara Enim ini ada varietas durian berwarna yang tidak bergas, Lebih hebat dan lebih lezat durian kita,” ungkap Herman Deru saat mengahadiri Festival Durian Muara Enim Tahun 2022 yang digrlar di  Plumeria Ecopark Muara Enim,  Minggu (28/8) siang.

Baca :  Herman Deru Canangkan Program Panti Sosial Produktif

Herman Deru mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama Plumeria Ecopark yang begitu kreatif memoles tempat wisata dengan kegiatan atraksi wisata, seperti Festival Durian Muara Enim 2022.

Menurutnya,  durian harus dikembangbiakkan dan dijaga pertumbuhannya. Sehingga durian lokal  Sumsel menjadi durian yang unggul.

“Saya mengapresiasi langkah Pemkab Muara Enim khususnya Plumeria Ecopark, ini durian-durian lokal.  Festival ini bisa kita  manfaatkan sebagai ajang untuk meremajakan pohon  durian. e

Scopark saya minta untuk terus melaksanakan ini,” pungkasnya.

Sementara Owner Plumeria Ecopark dr Doli Situmpul mengatakan, festival durian  dengan  beragam perlombaan, seperti pemilihan durian terbaik dan terbesar dan lomba olahan berbahan dasar durian. Selain itu, juga ada kegiatan peduli lingkungan yakni dengan penanaman 1000 bibit pohon durian.

Baca :  Herman Deru Ajak Ponpes Mansyaul Huda Dongkrak Kualitas Pendidikan Agama di Muara Enim

“Festival durian di Plumeria ecopark, merupakan program sadar wisata dimana kecintaan program pelaksanaan wisata dibangkitkan kembali dan gairah baru bagi masyarakat,” pungkasnya.

Dalam Festival Durian kali ini setidaknya ada ratusan buah durian yang dinikmati secara bersama-sama. durian ini, didatangkan langsung dari kebun rakyat berasal berbagai Kecamatan Muara Enim.

Gubernur Herman Deru didampingi  Ketua ICSB Sumsel Hj. Samantha Tivani HD tak segan berkeliling stand demi stand untuk menikmati buah durian dan makanan olahan durian yang disajikan para peserta festival. (Ril)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com