Gubernur Sumsel H Herman Deru saat sambutan pada Welcome Dinner Fornas VI di Griya Agung, Kamis (30/6).
Gubernur Sumsel H Herman Deru saat sambutan pada Welcome Dinner Fornas VI di Griya Agung, Kamis (30/6).

Herman Deru :”Fornas Tak Hanya Tingkatkan Geliat Olahraga Tapi Juga Geliat Ekonomi Sumsel” 

SindoSumsel.com, PALEMBANG – Rasa bangga Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali dicurahkannya karena Sumsel dapat dipercaya menjadi tuan rumah olahraga tingkat nasional yaitu Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022.

Menurut Herman Deru kepercayaan yang diberikan ini tentu menjadi tanggungjawab yang besar mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan sebab ada ribuan masyarakat dari seluruh nusantara yang hadir memeriahkannya.

“Terima kasih atas kepercayaan sebagai tuan rumah karena ini suatu anugerah yang luar biasa,” kata Herman Deru saat sambutan pada Welcome Dinner Fornas VI di Griya Agung, Kamis (30/6).

Bapak Pembangunan Sumsel itu menilai kepercayaan sebagai tuan rumah ini juga tentu tidak lepas dari kerja keras dan kegotong-royongan semua pihak.

“Untuk itu Fornas ini sangat wajar kita gelorahkan. Apalagi bakal ada 50 cabang induk yang dipertandingkan dengan jumlah peserta 12.000 orang,” ungkapnnya.

Dengan jumlah peserta hingga 12.000 orang, menurut Herman Deru sangat diyakini jika Fornas di Sumsel ini paling besar pesertanya dari pelaksanaan sebelumnya.

“Fornas ini bukan hanya memperbaiki kegembiraan olahraga tapi juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Bahkan sangkin ramainya penerbangan ke Palembang tiket pesawatpun habis,”ucapnya.

Bukan hanya itu saja, lanjutnya dampak lain yang juga terasa yaitu perhotelan termasuk kuliner. Artinya begitu banyak selama sembilan hari kedepan UMKM terbantu adanya Fornas ini.

Baca :  Pemprov Sumsel Kembali Dipercaya Jadi Tuan Rumah Triathlon 2021

“Insyallah besok kita tidak hanya sukses didalam pembukaan tapi juga penutupan,” katanya.

Diakhir sambutan Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk TNI /Polri yang sudah siap siaga dalam pengamanan penyelenggaraan Fornas VI.

“Untuk semua masyarakat yang datang ke Palembang Provinsi Sumsel selamat menikmati keindahsn dan keramahtamahan warga Sumsel,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi), Samuel Samson mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru yang telah mendukung penyelenggaraan Fornas. “Semangat pak Gubernur Herman Deru luar biasa untuk menyukseskan Fornas ini. Dan alhamdulilahnya Mabes Polri sudah mengeluarkan surat izin untuk kegiatan ini tapi dengan menerapkan prokes,” katanya.

Dia berharap kegiatan ini bukan dinilai dari banyaknya mendapat mendali tapi ukurannya dari semangatnya karena olahraga masyarakat ini menggunakan tagline sehat bugar gembira luar biasa.

“Luar biasa Sumsel Fornas ke VI ini luar dengan jumlah 12.000 peserta menunjukan semangat olahraga di Indonesia,” pungkasnya.

Pada welcome dinner ini Pemprov Sumsel menyajikan menu makanan khas seperti pindang salai, pempek, burgo, serta kue khas Palembang. Dimana kontingen dari 34 Provinsi di Indonesia begitu sangat menikmati makanan yang sudah disajikan.

Baca :  Herman Deru Restui POBSI Gelar Gubernur Cup, Sebagai Ajang Permanasan Atlet Bilyar Sebelum Tampil Pada  PON Papua

Seperti yang disampaikan Pengurus KORMI Papua James disela-sela acara Gala Dinner mengaku makan pindang salai begitu enak hingga nambah beberapa kali.

“Saya makan pindang salai sampai tiga mangkok. Pindangnya enak saya suka,” katanya.

Menurutnya, memang di Papua juga ada makanan yang terbuat dari ikan tapi tak seenak yang ada di Palembang. Untuk itulah tadi nambah sampai abis tiga mangkok.

“Saya dan team sampai ke Palembang baru hari ini dan di Palembang sampai selesai FORNAS VI. Dari Papua ada 250 orang, dibiayai pemerintah dan kita naik pesawat,” katanya

Turut hadir, Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD, Wakil Ketua TP PKK Hj Fauziah Mawardi Yahya.

Kemudia Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani HD, Duta Literasi Sumsel, Ratu Tenny Leriva serta Para Bupati/Walikota se Sumsel.*

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com