Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada wartawan usai Coffee night bersama Sekretaris Jenderal DMDI Indonesia, Datuk H. Said Aldi Al Idrus di Griya Agung Palembang, Kamis (12/1) malam.
Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada wartawan usai Coffee night bersama Sekretaris Jenderal DMDI Indonesia, Datuk H. Said Aldi Al Idrus di Griya Agung Palembang, Kamis (12/1) malam.

Herman Deru Gandeng Tokoh Adat dan Pemuda Melayu, Perkuat DMDI Dalam Penyebaran Nilai Budaya dan Adat

PALEMBANG, sindoSumsel.com — Sebagai langkah untuk mempercepat pembangunan dan Memajuan suku, adat, budaya Melayu di Tanah Air, Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia, H Herman Deru berkomitmen untuk membentuk DMDI di 34 provinsi.

Hal itu juga dilakukan, mengingat DMDI merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di dunia yang penyebarannya hingga ke mancanegara.

“Saya bersama pengurus DMDI Indonesia bergerak sampai DMDI di 34 provinsi se Indonesia terbentuk. Selain silaturahmi, tujuannya juga untuk membangun dan memajukan suku, adat dan budaya melayu,” kata Herman Deru kepada wartawan usai Coffee night bersama Sekretaris Jenderal DMDI Indonesia, Datuk H. Said Aldi Al Idrus di Griya Agung Palembang, Kamis (12/1) malam.

Selain itu, lanjut Gubernur Herman Deru, DMDI juga bukan hanya sebagai identitas bagi rumpun melayu, namun juga menjadi kekuatan dalam memperkokoh akar budaya.

Baca :  Meski Floating Crane Tenggelam di Perairan Selat Bangka, 70.000 Ton Batubara Tetap Terkirim ke Luar Negeri dan 37 ABK Selamat

Dimana, menurutnya, etika kemelayuan yang harus diturunkan kepada generasi berikutnya.

“Jika DMDI di Indonesia ini sudah tertata dengan baik dan memiliki pengurus di 34 provinsi, maka saya yakin DMDI menjadi salah satu organisasi kesukuan yang kuat dalam mempertahankan warisan budaya melayu di Indonesia, serta bisa menyumbangkan ide dan gagasan, kreatifitas, sosial dan kemanusiaan bagi bangsa dan negara,” paparnya.

Dalam upaya membentuk pengurus DMDI di 34 provinsi tersebut, Herman Deru menyebut, dirinya bersama Sekjen H. Datuk Said Aldi Al Idrus yang juga ketum DPP BKPRMI ini akan menggandeng sejumlah tokoh adat dan tokoh pemuda melayu Islam di Indonesia.

Dengan cara itu, langkah dalam penyebaran nilai-nilai warisan budaya dan adat dapat terlaksana dengan baik.

“Kita juga akan merangkul tokoh-tokoh Melayu Islam lainnya untuk bergabung dengan DMDI Indonesia,” terangnya.

Baca :  Herman Deru Akui Ponpes Miliki Peran Penting Cetak SDM Berkualitas di Sumsel

Sementara itu, Sekjen DMDI Indonesia Datuk Said Aldi Al Idrus mengungkapkan, pada ada bulan januari ini juga akan dilakukan pelantikan pengurus DMDI Provinsi Riau dan DMDI Provinsi Kepulauan Riau.

Dia pun mengungkapkan, DMDI Indonesia memang membutuhkan sosok seperti Herman Deru yang dikenal pekerja keras, bijaksana dan berkeinginan kuat dalam membangun masyarakat melayu di negeri ini.

“Termasuk mempertahankan warisan budaya Melayu Islam di Indonesia. Pak Herman Deru ini adalah sosok dan tokoh DMDI yang sangat luar biasa perjuangannya untuk kepentingan umat, beliau juga sangat cinta dengan adat budaya Melayu Islam. Maka dari itu, keinginan beliau untuk membentuk DMDI di seluruh provinsi harus kita dukung bersama dan juga mohon dukungan dan arahan Presiden DMDI Tun seri setia HM Ali Rustam,” pungkasnya. (Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com