Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri pelantikan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) di Gedung Azwar Agoes Fakultas Kedokteran Unsri Madang, Selasa (15/2).
Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri pelantikan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) di Gedung Azwar Agoes Fakultas Kedokteran Unsri Madang, Selasa (15/2).

Herman Deru Harapkan Lulusan Kedokteran Unsri Siap Mengabdikan Diri Hingga ke Pelosok Desa

SindoSumsel.com, PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, profesi dokter memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok daerah.

Karena  itulah, Gubernur Herman Deru berharap agar mahasiswa yang telah selesai menempuh pendidikan kedokteran tersebut agar siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa-desa.

“Persoalan terkait tenaga kesehatan termasuk dokter ini adalah penyebarannya. Secara kuantitas, dokter ini sudah banyak. Namun memang penyebarannya belum merata. Saya minta alumni kedokteran ini tidak hanya memilih untuk bertugas di perkotaan saja, tapi juga siap untuk mengabdi di desa-desa,” kata Herman Deru saat menghadiri pelantikan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) di Gedung Azwar Agoes Fakultas Kedokteran Unsri Madang, Selasa (15/2).

Menurutnya, masyarakat di pelosok desa memang sangat membutuhkan sosok dokter.

“Kita harus memikirkan masyarakat di ujung sana (desa) yang membutuhkan peran dokter. Mereka juga butuh pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Baca :  Terima Audiensi Syuriyah PWNU Sumsel, Herman Deru  Bakal Anggarkan Dana Bos Pesantren 

Apalagi di situasi pandemi saat ini. Dokter memiliki peranan besar dalam memerangi wabah tersebut. Tidak hanya soal kesehatan, tapi juga kesiagaan dalam memberikan edukasi.

“Peran dokter ini juga tidak hanya urusan pelayanan kesehatan. Edukasi untuk pola hidup sehat kepada masyarakat juga penting diberikan. Saya ingin dokter ini menjadi trendsetter sehingga bisa menjadi panutan masyarakat,” terangnya.

Disisi lain, Herman Deru juga berpesan kepada Fakultas Kedokteran Unsri agar terus meningkatkan lulusannya sehingga bisa tetap bersaing.

“Kita butuh dokter yang berpengalaman. Jika memang menurut perhitungan medis masih bisa belajar atau offline maka lakukan dengan tatap muka. Semoga kita bisa terus mencetak dokter yang berprestasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unsri Anis Saggaff mengatakan, Kedokteran Unsri merupakan salah satu fakultas yang cukup diandalkan di Unsri.

Baca :  Herman Deru Ajak Pemuda Muslim Meneladani Kehidupan Rasulullah SAW

“Fakultas ini memang cukup diperhitungkan. Apalagi, kedokteran di Unsri ini memiliki dua rumah sakit pendidikan yakni RSMH dan RSUD Siti Fatimah. Sebab itulah, ini akan terus kita kembangkan,” paparnya.

Terlebih, keberadaan Fakultas Kedokteran Unsri didukung oleh Pemprov Sumsel.

“Gubernur Herman Deru juga demikian. Beliau merupakan pemimpin daerah yang intens memperhatikan perkembangan Unsri ini,” bebernya.

Diketahui, pelantikan itu juga dilakukan kepada Ratu Tenny Leriva yang merupakan putri bungsu dari Gubernur Herman Deru. Ratu Tenny merupakan mahasiswi kedokteran di Unsri.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani, Putri ketiga Gubernur, Leony Marezza Putri, Kepala RSUD Siti Fatimah Syamsuddin Isaac Suryamanggala, Kadinkes Sumsel Lesty Nurainy, dan beberapaa pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel serta jajaran Fakultas Kedokteran Unsri. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com