Gubernur Sumsel H. Herman Deru makin gencar mengenalkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) ke berbagai kalangan untuk mengubah mindset masyarakat dari konsumen menjadi produsen. 
Gubernur Sumsel H. Herman Deru makin gencar mengenalkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) ke berbagai kalangan untuk mengubah mindset masyarakat dari konsumen menjadi produsen. 

Herman Deru Kenalkan GSMP ke Kepala BKKBN Sumsel Baru untuk Tekan Angka Stunting 

SindoSumsel.com, Palembang – Gubernur Sumsel H. Herman Deru makin gencar mengenalkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) ke berbagai kalangan untuk mengubah mindset masyarakat dari konsumen menjadi produsen.

Setelah sebelumnya mengenalkan gerakan ini ke Kepala BI Perwakilan Sumsel yang baru, kini Gubernur Herman Deru juga mengenalkan gerakan tersebut kepada Kepala BKKBN Perwakilan Sumsel yang baru, Mediheryanto.

Sosialisasi GSMP ini dilakukannya saat mengukuhkan Kepala BKKBN Perwakilan Sumsel yang baru, Mediheryanto, di Auditorium Bina Praja, Jumat (11/2) lalu.

Menurut Herman Deru selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, GSMP juga dinilainya efektif menekan angka stunting. Karena semua kebutuhan banyak tersedia di Sumsel baik itu karbohidrat, protein dan lain-lain.

Baca :  Herman Deru Berikan Bantuan Sebanyak 2.500 Paket Beras Untuk Guru Ngaji di Sumsel

Pemenuhan karbohidrat dan protein kita ini gak kurang hanya mungkin tidak seimbang. Karena kebiasaan kita makan karbo pakai gulai karbo. Nah ini tugas pendamping untuk memberikan edukasi ini ke masyarakat,” jelasnya.

Untuk menekan angka stunting ini Herman Deru mengatakan Pemprov Sumsel telah melakukan berbagai upaya. Selain menghidupkam Posyandu-Posyandu hingga menyalurkan bantuan timbangan digitalke kabupaten kota, kini ada juga Program Sumsel Mandiri Pangan (SMP) untuk membantu memenuhi kebutuhan makanan bergizi bagi masyarakat.

“Sekilas ini seperti remeh, kita beri bibit, dan ilmu pengetahuan menanam bumbu dapur agar dapat kurangi pengeluaran keluarga. Karena jika dihitung perbulan  pengeluaran ini lebih besar daripada membeli beras.

Baca :  Hadirkan Infrastruktur yang Layak, Pemprov  Sumsel Bentuk  UPTD Jalan dan Jembatan di Kabupaten/kota

Dan ini butuh dukungan semua pihak termasuk pendamping dari BKKBN. Saatnya kita harus bekerja simultan dan tidak ego sektoral,” jelasnya.

Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP) resmi diluncurkan pada 2 Desember 2021 di Plaza Sungai Lematang, Kabupaten Lahat. Melalui gerakan yang diinisiasi Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru diharapkan dapat menjadikan wilayah Sumsel sebagai daerah mandiri pangan.

Herman Deru juga mengungkapkan secara tegas agar launching serupa dilakukan hingga ke kabupaten/kota lainnya di Sumsel. Ia berharap lewat gerakan serentak ini pihaknya dapat meminimalisir terjadinya kerawanan pangan serta menekan angka kemiskinan di Sumsel. Ia pun berharap peningkatan ekonomi masyarakat segera terwujud. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com