Gubernur Sumsel H.Herman Deru Saat meninjau persiapan vaksinasi di tiga puskesmas di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (14/1/2021) siang.
Gubernur Sumsel H.Herman Deru Saat meninjau persiapan vaksinasi di tiga puskesmas di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (14/1/2021) siang.

Herman Deru Langsung Tinjau Tiga Puskesmas di Luar Kota

SindoSumsel.com –  Setelah menjalani observasi sekitar 30 menit pasca di vaksin Sinovac, di Puskesmas Gandus, Gubernur Sumsel H.Herman Deru langsung melakukan sejumlah kegiatannya seperti biasa. Ia bahkan langsung meninjau persiapan vaksinasi di tiga puskesmas di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (14/1/2021) siang.

Selain Puskesmas Talang Aur, dan Puskesmas Indralaya, kesiapan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Simpang Timbangan, Kabupaten Ogan Ilir juga tak luput dari sasarannya.

Di Puskesmas Talang Aur, HD mengecek semua persiapan vaksinasi, mulai dari ruang screening, ruang observasi hingga tempat penyimpanan vaksin. Ia juga sempat mengecek data jumlah sasaran penerima vaksinasi kepada Kepala Puskesmas setempat.

Setelah memastikan persiapan sesuai protap dan lengkap, Gubernur Sumsel Herman Deru melanjutkan peninjauannya ke Puskesmas Indralaya lalu ke Puskesmas Simpang Timbangan Kabupaten OI.

Di Puskesmas ini selain melihat langsung persiapan Puskesmas HD juga sempat melakukan pengecakan tekanan darahnya setelah 4 jam disuntik vaksin Sinovac.

Di sela peninjauan, HD menuturkan sengaja berkunjung melihat kesiapan pelaksanaan vaksinasi di beberapa Puskesmas di daerah setelah disuntik vaksin untuk menepis keraguan masyarakat tentang penggunaan vaksin ini.

” Setelah disuntik dan observasi Saya langsung kesini. Alhamdulillah sehat-sehat saja dan bisa berkegiatan seperti biasa,” ujar HD.

Baca :  Herman Deru Guyurkan Rp7,7 Miliar Bantu Puluhan Desa Persiapan di Sumsel

Menurut HD pelaksanaan vaksinasi ini harus disukseskan bersama. Sehingga semua dampak Covid dapat dipulihkan mulai dari pemulihan kehidupan sosial dan pemulihan ekonomi. Oleh karena itu berharap sebanyak 5.470.000 target vaksin dapat diberikan kepada masyarakat Sumsel tepat waktu selama satu tahun.

Lebih jauh HD mengatakan, sengaja memilih disuntik di Puskemas bukan di Griya Agung atau pun RS untuk meyakinkan masyarakat bahwa mereka bisa mendapatkan vaksin ini di Puskesmas terdekat yang ditunjuk.

Dalam kesempatan itu HD juga berpesan kepada Bupati, Walikota hingga Kades dan perangkat daerah untuk bersama meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini benar-benar aman karena sudah melalui tahap uji di BPOM dan mendapat Fatwa MUI mengenai kehalalannya.

Selagi menunggu kiriman vaksin yang datangnya tidak serentak. HD tetap menghimbau masyarakat Sumsel tetap mentaati protokol kesehatan serta Pergub 37 Tahun 2020 tentang Prokes.

“Jadi Saya himbau masyarakat tidak perlu takut ini juga ada sertifikat halalnya. Tidak perlu ada yang ditakutkan lagi. Saya buktinya aman malah bisa ke luar kota,” tambah HD.

Kepada masyarakat HD juga meminta tidak mudah percaya dan menggubris berita hoax. Melainkan patuh pada himbauan pemerintah pusat dan instansi yang menangani kesehatan.

Baca :  Herman Deru Dukung Upaya Polda Sumsel Kendalikan Penambangan Liar

Sementara itu Kepala Desa Penyandingan Kabupaten Ogan Ilir, Hidayat menuturkan sangat senang mendapat kunjungan tiba-tiba oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Apalagi Gubernur datang hanya selang beberapa jam setelah divaksinasi.

“Jujur awalnya masyarakat takut. Tapi setelah melihat pak Gubernur Herman Deru tadi bisa berkunjung ke desa kami dan sehat saja. Ini membuat kami yakin sekarang bahwa vaksin ini aman,” jelas Hidayat.

Setelah melihat berbagai pemberitaan di media, Hidayat pun masyarakatnya tidak akan ragu lagi disuntik vaksin Sinovac tersebut.

Seperti diketahui selain mengunjungi tiga puskesmas secara sekaligus, usai divaksin HD juga bahkan sempat bersilaturahmi dan mensosialisasikan pelaksanaan vaksinasi Sinovac kepada masyarakat di Desa Penyandingan Kabupaten Ogan Ilir. Menurutnya vaksin ini aman dan Ia sendiri sudah membuktikannya.(*)

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *