Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan pemanfaatan 37 pembangunan infrastruktur yang dipusatkan di Jalan Raya Ranau Desa Rantau Panjang Kecamatan   Buay Rawan   OKU Selatan, Kamis (27/1) siang.
Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan pemanfaatan 37 pembangunan infrastruktur yang dipusatkan di Jalan Raya Ranau Desa Rantau Panjang Kecamatan   Buay Rawan   OKU Selatan, Kamis (27/1) siang.

Herman Deru Realisasikan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten OKU Selatan

SindoSumsel.com, OKUS – Sebanyak 37 kegiatan pembangunan infrastruktur  yang didanai melalui APBD  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  dari pos   Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus)  tahun 2021 di Kabupaten OKU Selatan telah rampung dikerjakan.

Selanjutnuya diresmikan pemanfaatannya oleh  Gubernur Sumsel H Herman Deru yang dipusatkan di Jalan Raya Ranau Desa Rantau Panjang Kecamatan   Buay Rawan   OKU Selatan, Kamis (27/1) siang.

Dalam prosesi peresmian infrastruktur  tersebut, Gubernur Herman Deru didampingi  Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo dan rombongan mendapatkan penjelasan dari Kadis PSDA Provinsi Sumsel, Ir Herwan pada bagian bootpanel infrastruktur Sumsel yang diakhiri dengan pemecahan kendi dibadan Jalan Raya Ranau tempat lokasi acara peresmian infrastruktur berlangsung.

Infrastruktur  yang diresmikan dalam rangkaian   memperingati HUT  OKU Selatan ke 18 kali ini  meliputi  sektor jalan dan jembatan, sektor perumahan dan permukiman, sektor sumber daya air, sektor komunikasi dan informasi, sektor perhubungan, sektor parawisata, dan sektor pendidikan, serta pembangunan non fisik lainnya.

Dalam arahannya Gubernur Herman Deru menyebut  pembangunan Infrastruktur secara merata di Sumsel merupakan salah satu fokusnya pihaknya.

“Tiga tahun pembangunan infrastruktur di OKU Selatan merupakan sebuah ekselarasi bagi cepatnya konektifitas. Semua itu kita lakukan demi kemajuan daerah secara merata yang sudah sejak lama diinginkan oleh kita semua,” tegas   Herman Deru  mengawali sambutannya.

Menurut Herman Deru,  majunya infrastruktur di daerah  dapat memberikan konektifitas dan kemajuan ekonomi yang baik bagi daerah.

“Jika bicara infastruktur produknya adalah konektifitas. Konektifitas  antar daerah akan mewujudkan  perbaikan ekonomi, mempermurah biaya transportasi dan menghemat waktu perjalanan. Dan ini sudah dibuktikan dengan penurunan angka kemiskinan di Sumsel,” tuturnya.

Baca :  Herman Deru Terus Ingatkan Warga Sumsel Lebih Disiplin Terapkan Prokes 

Ditambahkannya,  majunya infrastruktur di daerah tidak lepas dari peran pemimpinnya dan sinergi yang telah dibangun antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten.

“Harus diakui  solidnya sinergisitas kita antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten serta seluruh pelaksananya yang telah mewujudkan pembangunan infrastruktur di OKU Selatan ini berjalan dengan baik,” paparnya.

Diujung sambutannya Herman Deru berharap agar semua infrastruktur yang telah dibangun dapat dimanfaatkan untuk  mencapai kesejahteraan rakyat. Selain itu keberadaannya juga harus dijaga dan dipelihara oleh semua pihak.

“Memelihara memang terkadang lebih mahal dari membangunnya tapi itulah konsekuensinya. Saya minta ini dijaga dan dipelihara tidak cukup  hanya Pemerintah saja namun masyarakat juga harus ikut terlibat  semua karena ini adalah dari rakyat dan untuk rakyat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo  mengakui  Bangubsus  yang telah dikucurkan ke  Kabupaten OKU Selatan sangat membantu dalam  percepatan pemerataan pembangunan di wilayahnya tersebut.

Berbagai pekerjaan infrastruktur  yang telah dibangun  diakui Popo,  benar-benar  bermanfaatan dan membantu masyarakat OKU Selatan dalam menjalankan  aktifitas ekonomi.  Terutama jalan  yang telah dibangun jika sebelumnya membutuhkan jarak tempuh yang lama kini sudah semakin singkat.

“Masyarakat sangat merasakan manfaatnya. Dengan akses jalan yang semakin bagus membuat jarak tempuh perjalanan jauh lebih singkat,” imbuhnya.

Baca :  Ketua DPRD Sumsel Apresiasi Prestasi Pusri

Diujung sambutannya  Popo Ali, memberikan informasi bahawa telah  terjadi lompatan peningkatan  ekonomi  yang luar bisa   di wilayah   OKU Selatan setelah  pembangunan infrastruktur  dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.

“Peningkatan ekonomi masyarakat  OKU Selatan   dengan drastis naik. Hal ini tentu karena infrastruknya kian baik. Untuk  itu Saya  atas nama  mayarakat OKU Selatan   terimakasih  kepada pak Gubernur karena selama tiga tahun   berturut-turut,  kami terus dibantu oleh Pemerintah Provinsi,” pungkasnya.

Diketahui pengerjaan pembangunan infrastruktur di OKU Selatan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumsel dalam tiga tahun terakhir  telah merealisasikan  130 kegiatan pembangunan. Dimulai dari  TA. 2019  Pemprov Sumsel menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 105.787.547.186,’ dengan 34 kegiatan. Selanjutnya pada TA.  2020 sebesar  Rp. 107. 334.587.175,- dengan 59 kegiatan. Dan pada  TA.   2021 sebesar   Rp 100. 868.345.263,- dengan 37 kegiatan.

Turut hadir  dalam peresmian infrastruktur di Kabupaten OKU Selatan kali ini   Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia HD, Ketua KORMI Sumsel Hj  Samantha Tivany HD.   Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, Wakil Bupati OKU Selatan Sholihien Abuasir, Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Isyana Loneta Sari Popo, Wakil Ketua TP PKK Kab. OKU Selatan  Rosita Devi Solehien, Ketua DPRD Kab. OKU Selatan Heri Martadinata, Wakil Ketua I DPRD Kab. OKU Selatan Yohana Yudayanti, Wakil Ketua II DPRD OKU Selatan Carles Minarko. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com