Gubernur Herman Deru menghadiri peresmian PC Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Palembang yang terletak di jalan Letjen Harun Sohar No.24 A, Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Palembang, Jumat (10/12) pagi.
Gubernur Herman Deru menghadiri peresmian PC Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Palembang yang terletak di jalan Letjen Harun Sohar No.24 A, Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Palembang, Jumat (10/12) pagi.

Herman Deru Sosialisasikan Sumsel Mandiri Pangan Kepada Jemaah Muslimat NU

Sindosumsel.com, PALEMBANG – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengharapkan peran aktif anggota Muslimat NU diberbagai tingkatan DPW, DPC bahkan sampai ke tingkat ranting untuk mensukseskan program Sumsel Mandiri Pangan diawali dari lingkungan keluarga masing-masing.

“Belum lama ini, kita sudah canangkan program Sumsel Mandiri Pangan, saya mengajak semua Muslimat NU untuk mensukseskan ini dengan cara merubah pola pikir jika selama ini kita lebih banyak bersikap konsumtif maka kedepan ubah menjadi produktif,” tegas Gubernur Herman Deru saat menyampaikan arahan pada peresmian PC Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Palembang yang terletak di jalan Letjen Harun Sohar No.24 A, Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Palembang, Jumat (10/12) pagi.

Lebih lanjut Herman Deru menegaskan, dengan jumlah anggota Muslimat NU yang banyak hingga ke tingkat ranting, dia yakin program Sumsel Mandiri Pangan akan mendapatkan hasil bagus yang bermuara pada turunnya angka kemiskinan di Sumsel serta menekan kasus stunting pada anak akibat kekuarangan gizi.

“Dengan jumlah muslimat NU yang luar bisa banyaknya. Saya yakin program Sumsel Mandiri Pangan ini akan mendapatkan hasil. Nanti akan kita terus kaji hasilnya secara berkala seberapa besar dampak program ini dalam mensejahterakan masyartakat,” imbuhnya.

Program Sumsel Mandiri Pangan yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu di Kabupaten Lahat lanjut Herman Deru, merupakan upaya Pemprov Sumsel untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memproduksi pangan sendiri mulai dari komuditi terkecil seperti bumbu dapur, sayur mayur, serta hewani seperti bidang perikanan dengan memanfaatkan lahan sekitar pekarangan rumah atau tempat tinggal.

Baca :  Mawardi Yahya Harapkan  Komite II DPD RI Dorong Percepatan  Pembangunan  Tanjung Carat

“Saya minta usulan kebutuhan bibitnya nanti kita suplay. Termasuk yang bibit lele atau ikan nila itu boleh, tapi itu untuk kalangan rumah tangga. Jika nanti berlebihan jumlahnya kita tidak usah jual ke pasar tapi sistemnya kita barter dengan daerah lain,” imbuhnya.

Terkait dengan peresmian gedung PC Muslimat NU, yang dihadiri Ketua PW Muslimat NU Provinsi Sumsel Dra.Hj. Failasufah, Ketua PC Muslimat NU Palembang Dr. H. Izzah Zen Syukri, M. Pd, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumsel Drs. H. Mal AN Abdullah tersebut, Gubernur Herman Deru menyebutkan keberadaan gedung sekretariat merupakan gengsi atau marwahnya dari organisasi ataupun institusi, tidak hanya sebagai marwah tapi juga markas. Oleh sebab itu ia berharap dengan telah diresmikannya gedung PC Muslimat Nahdlatul Ulama, bisa lebih baik dan berkembang.

“Karena dibangun secara mandiri. Mudah-mudahan nanti membawa berkah, terutama bagi yang mewakafkan gedungnya,” harapnya.

Baca :  Peringati Hari Jadi ke 75 Tahun,Herman Deru Lindungi Warisan Adat Budaya Dan Kearifan Lokal Sumsel

Herman Deru menghimbau PC Muslimat Nahdlatul Ulama untuk memanfaatkan gedung yang baru ditempati.

“Saya juga menjadi bagian dari mustasyar di PWNU, dan ketua ISNU selama 2 periode, semangat gotong royangan ini kalau tidak dipupuk dia akan hilang. Gedung ini bisa digunakan masyarakat untuk kegiatan sosial keagamaan yang membawa manfaat kebaikan untuk masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu Ketua PC Muslimat NU Palembang Dr. H. Izzah Zen Syukri, M. Pd, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut andil dalam peresmian gedung.

“Gedung kantor ini, mencatat sejarah adanya kantor muslimat NU. Gedung kantor hadiah dari ibu Widiarti ownernya rezky medika, hari jum’at penuh barokah, kita mendapat cucuran rahmat, berjamaah kita akan bisa bersama muslimat NU,” pungkasnya.

Ketua PW Muslimat NU Provinsi Sumsel Dra.Hj. Failasufah mengakui sangat bangga PC Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Palembang memiliki kantor baru. Ia menyampaikan rasa trima kasihnya kepada Gubernur Provinsi Sumsel dan Muslimat NU yang telah hadir dari berbagai cabang di Kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

“Saya berharap dengan dengan ditempatinya gedung baru ini ada semangat baru dari muslimat NU Kota Palembang untuk senantiasa istikomah dan ikhlas dalam membantu kemaslahatan umat,” tutupnya. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com