Herman Deru:”Swadaya Membangun Masjid Bukti Kompaknya Umat Muslim di Sumsel”

SindoSumsel.com, OKU TIMUR – Swadaya masyarakat Desa Kotanegara Timur Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur dalam membangun masjid menjadi salah satu bukti kekompakan masyarakat muslim di Sumsel.

Hal itu disampaikannya ketika melakukan peletakan batu pertama pembangunan tiang pancang kubah Masjid Al Hidayah di Desa Kotanegara, Rabu (14/9).

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi upaya yang dilakukan masyarakat untuk pembangunan masjid Al Hidayah tersebut.

“Kehadiran saya disini juga karena bangga dengan pengurus masjid dan masyarakat disini. Sebab sejak tahun 2007, pembangunan masjid ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Artinya, kita sangat menjaga kehormatan agama serta rumah ibadah kita,” kata Herman Deru.

Apalagi, lanjut Herman Deru, dirinya sendiri saat ini telah membuat peraturan gubernur terkait larangan meminta bantuan di tengah jalan yang kerap dilakukan masyarakat.

Baca :  FORNAS VI Sumsel Jadi FORNAS Terbaik Yang Pernah Diselenggarakan

Selain untuk mencegah terjadinya kecelakaan, pergub tersebut juga dibuat sebagai upaya untuk menjaga marwah umat muslim.

“Larangan meminta sumbangan di tengah jalan itu untuk menghormati rumah ibadah dan agama kita,” tuturnya.

Menurutnya, dalam membangun rumah ibadah, tidak boleh membedakan agama, suku maupun ras.

“Salah satunya disini, masyarakat peduli dengan pembangunan rumah ibadah ini tanpa memandang suku maupun ras. Inilah bagian dari kekompakan masyarakat dalam beragama,” paparnya.

Dia menuturkan, dalam membangun masjid tidak harus dilakukan hingga selesai baru boleh dipergunakan.

“Pembangunannya jangan menunggu hingga selesai baru digunakan. Tapi bangun dulu hal-hal penting sehingga masyarakat bisa menggunakan untuk ibadah,” terangnya.

Tidak hanya itu, pembangunan masjid juga tidak hanya mengutamakan keindahan fisik, tapi juga kemuliaan masjid tersebut.

Baca :  Mawardi Yahya Inginkan DPW JPKP Sinergi Dengan Pemerintah Daerah

“Membangun masjid jangan hanya mengutamakan fisik tapi juga kemuliaannya. Isi masjid ini dengan kegiatan di dalamnya seperti akad nikah, TPA, TPQ, maupun rumah tahfidz,” paparnya.

Herman Deru berharap, aksi swadaya dalam membangun rumah ibadah harus terus dilakukan sehingga kekompakan tersebut terus terjalin.

“Semoga dengan pembangunan masjid ini keimanan dan ketaqwaan masyarakat semakin meningkat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru memberikan sejumlah bantuan untuk pembangunan maajid tersebut.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani HD, Wabup OKU Timur H M Adi Nugraha Purna Yudha, Camat se kabupaten OKU Timur, pengurus masjid Al Hidayah, Tokoh Masyarakat serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel dan OKU Timur. (Ril/Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com