Gubernur Sumsel H Herman Deru hadiri Pelantikan Kepengurusan DPD dan DPC Asosiasi Driver Online (ADO) Sumsel 2021-2026, Sabtu (11/12).
Gubernur Sumsel H Herman Deru hadiri Pelantikan Kepengurusan DPD dan DPC Asosiasi Driver Online (ADO) Sumsel 2021-2026, Sabtu (11/12).

Herman Deru : Transportasi Online Menjadi Kekuatan Ekonomi Baru  di Sumsel

Sindosumsel.com, PALEMBANG – Keberadaan transportasi online saat ini dinilai cukup membantu masyarakat dalam beraktifitas. Sebab itu, berbagai dukungan terhadap transportasi tersebut terus ditunjukkan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Bahkan Herman Deru optimis jika transportasi online yang saat ini semakin menjamur tersebut dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Sumsel.

“Majunya dunia dan IT membuat masyarakat ingin hidup praktis salah satunya dalam hal transportasi. Saya harap transportasi online ini dapat menjadi kekuatan ekonomi,” kata Harman Deru saat menghadiri pelantikan kepengurusan DPD dan DPC Asosiasi Driver Online (ADO) Sumsel 2021-2026 di Dinning Hall JSC Palembang, Sabtu (11/12).

Apalagi, keberadaan transportasi online tersebut didukung dengan keberadaan ADO Sumsel sebagai wadah bagi para driver atau pengemudi transportasi tersebut.

“Kita tahu ADO ini tumbuh dari bawah, punya visi dan misi. ADO ini juga memiliki peran membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebagai Pembina Kehormatan di Pengurusan AFO, Herman Deru berpesan dua hal kepada anggota yang berada di ADO Sumsel, agar tetap menjalankan dua hal seperti kepatuhan dan kepatutan dalam melayani masyarakat yang membutuhkan tumpangan transportasi.

Baca :  Era Digital Pemuda Miliki Peran Sentral Dalam  Memimpin Perubahan

“Berikan pelayananan prima dan jaminan keselamatan bagi para penumpang. Selain kepatutan dan kepatuhan terhadap hukum, kejujuran juga menjadi hal utama dalam menjalankan profesi ini,” terangnya.

“Selain itu, ADO ini juga harus merangkul setiap komunitas transportasi online sehingga para pengemudi memiliki wadah untuk mengahadapi persoalan yang mungkin timbul saat menjalankan profesi ini. Teruslah jaga kekompakan ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD ADO Sumsel Muhammad Asrul Indrawan mengatakan, keberadaan ADO di Sumsel sebagai wadah para pengemudi transportasi online.

Menurutnya, saat ini ADO Sumsel telah memiliki ribuan anggota di seluruh penjuru Sumsel.

“Tahun 2022 ini kita targetkan anggota bisa mencapai 5 ribu orang. ADO juga memiliki peran menjembatani dan memperjuangkan nasib para mitra pengemudi agar terus sejajar dengan aplikator. Artinya penghasilan yang didapat antara apikator dan mitra pengemudi harus adil sehingga tidak ada yang dirugikan,” katanya.

Baca :  Ajak Masyarakat Kembali Gunakan Angkutan Umum, Menhub- Herman Deru Naik Angkot  Bareng

Pemerintah sendiri khususnya di Sumsel, lanjutnya, memang terus memberikan dukungan terhadap para pengemudi. Terlebih ketika pandemi covid 19 saat ini.

“Di masa pandemi ini, memang profesi kami ini yang paling terdampak. Namun Pemprov Sumsel tidak menutup mata dengan terus memberikan bantuan kepada kami. Tanpa pemerintah kami tidak ada apa-apa,” tuturnya.

Disisi lain dia mengungkapkan, jika di dalam ADO Sumsel sendiri telah ditunjuk sedikitnya 200 orang sebagai tim URC yang bertugas membantu persoalan para pengemudi saat berada di jalanan.

“Tim URC ini sigap membantu saat pengemudi menghadapai persoalan seperti kecelakaan atau lainnya. Tim ini siap membantu para pengemudi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu Gubernur Herman Deru juga memberikan bantuan sedikitnya 49 ton beras kepada pengemudi transportasi online.

Turut hadir, Kanit Intelkam Polda Sumsel Kompol Agustan, Ketua Umum DPP ADO Taha Syafaril, pihak aplikator transportasi online, dan sejumlah pejabat serta Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com