Gubernur Sumsel H Herman Deru secara meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Kantor PLN ULP Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Selasa (18/1).
Gubernur Sumsel H Herman Deru secara meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Kantor PLN ULP Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Selasa (18/1).

Herman Deru Wujudkan Transformasi Energi Fosil ke Energi Terbarukan di Sumsel

SindoSumsel.com, PALEMBANG – Pemanfaatan energi terbarukan menjadi perhatian Pemprov Sumsel. Sejumlah dukungan dan langkah terus dilakukan agar manfaat energi terbarukan dapat dirasakan masyarakat secara luas.

Seperti pada Selasa (18/1). Gubernur Sumsel H Herman Deru secara langsung meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Kantor PLN ULP Jalan Demang Lebar Daun Palembang.

Peresmian SPKLU tersebut merupakan komitmen Pemprov dan BUMN di Sumsel untuk mengefesiensi bahan bakar fosil yang kelak bakal habis.

“Ini merupakan sebuah inovasi dan transformasi dari energi fosil menjadi energi terbarukan. Tentu saya sangat bangga dengan inovasi ini. Pemanfaatan energi listrik sebagai bahan bakar kendaraan tentu akan lebih hemat baik energi fosil maupun biaya,” kata Herman Deru.

Selain itu, penggunaan bahan bakar listrik juga akan mengurangi polusi udara.

“Dengan bahan akar listrik ini, tentu polusi udara juga dapat dihindari. Karena memang kendaraan yang menggunakan energi listrik ini ramah lingkungan,” ujarnya.

Baca :  Tak Ingin Terjadi Kevakuman Dalam Pelayanan Pemerintahan Pasca Habisnya Masa Jabatan Bupati Definitif, Gubernur Herman Deru Tunjuk 7 Plh Bupati

Sebab itulah, Herman Deru berharap agar SPKLU tersebut dibangun sejumlah tempat agar pengguna kendaraan listrik tidak kesulitan saat akan melakukan pengisian energi.

Dia menilai, lambatnya masyarakat beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan energi listrik disebabkan minimnya SPKLU tersebut.

“Segera kerjasamakan baik dengan perorangan maupun perusahaan swasta agar SPKLU ini dapat menyebar. Bila perlu gandeng SPBU untuk bekerjasama,” paparnya.

Bahkan, dia berharap, kendaraan angkutan massal dan angkutan beban juga mengunakan  energi listrik tersebut.

“Kalo bisa kita rambah ke angkutan umum dan angkutan beban. Agar udara kita semakin besih dengan pemanfaatan energi ini,” tuturnya.

Pemprov Sumsel sendiri, akan berencana untuk beralih menggunakan kendaraan dengan energi listrik.

“Pemprov Sumsel tentu berkomitmen memulai ini sehingga kendaraan dinas bisa bertransformasi menggunakan kendaraan energi listrik. Saya juga mengajak kepala daerah di Sumsel memulai dengan contoh menggunakan kendaran energi listrik ini,” imbuhnya.

Baca :  Sandiaga Uno Apresiasi Herman Deru Sebagai Pembina Desa Wisata

Sementara itu, General Manager PLN WS2JB Bambang Dwiyanto mengatakan, SPKLU Demang Lebar Daun merupakan SPKLU kedua. Sebelumnya, SPKLU serupa juga berdiri di kawasan Kantor PLN Jalan Kapten A Rivai.

“Kita pastikan, SPKLU di Sumsel akan terus bertambah untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, hal itu juga didukung oleh Gubernur Herman Deru melalui peraturan terkait program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Upaya ini didukung oleh pak Gubernur Herman Deru. Keputusan Presiden tentang KBLBB melalui Kemenhub ini sangat selaras dengan PLN. Ini terus kita realisasikan. Sebab dengan listrik, biaya akan menghemat energi kendaraan,” pungkasnya.

Hadir dalam peresmian itu, Waki Ketua DPRD Sumsel H Giri Ramanda Kiemas, Danpomdam II Sriwijaya Kolonel CPM Bayu Aji Widodo, Kasat PJR Polda Sumsel Kompol Mamad Dana Prawira, Pimpinan Perusahaan Kendaraan Listrik, Tim Touring Kendaraan Listrik Kemenhub, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com