Minggu , 23 Juni 2024

Hore, Lebih dari Dua Juta Tenaga Honorer Segera Diangkat PPPK

SindoSumsel. Com, PALEMBANG–Pemerintah akan mengangkat seluruh tenaga honorer di Indonesia menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Hal ini harus terwujud paling lambat pada tanggal 28 November 2023 mendatang. Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang.

Dia menjelaskan bahwa pengangkatan ini tidak hanya berlaku bagi 2.360.363 tenaga honorer atau non aparatur sipil negara (ASN) yang terdiri dari para pendidik, nakes, penyuluh, dan tenaga administrasi yang tercatat dalam data Kemenpan-RB, namun juga kepada seluruh tenaga honorer lainnya, termasuk tenaga kebersihan atau Office Boy dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Sekali lagi saya tegaskan, seluruh tenaga honorer akan diangkat menjadi PPPK tanpa ada pengecualian, dan pengangkatan atau peralihan tenaga honorer menjadi PPPK ini harus sudah terealisasi paling lama 28 November tahun ini.” ujarnya dikutip dari caption instagram @dpr_ri Jumat (14/4/2023).

Baca :  Kejaksaan negeri Palembang Berikan Restorative Justice Pada Perkara Penganiayaan

Junimart Girsang menambahkan, tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi dalam pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK, karena pengangkatan tersebut bersifat otomatis.

Setelah pengangkatan, para kepala daerah tidak dapat lagi melakukan pengangkatan tenaga honorer secara sembarangan, mengingat 50 persen dari jumlah tenaga honorer nasional saat ini bertugas di pemerintah daerah (Pemda).

Kendati demikian, pengangkatan honorer ini harus sesuai dengan aturan yang berlaku serta adil dalam penerapannya. Hal ini terlihat dari berbagai respon masyarakat yang ikut mengomentari postingan @dpr_ri di Instagram.

“Kalo honorernya rajin sih gpp, tapi tidak sedikit yg malas²an. Lebih baik pakai tes khawatir keluarga dekat pejabat yg jadi p3k krn tdk sedikit jg yg honorer keluarga pejabat setempat,” tulis akun @nuranwar_ (pp/net)