Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Ini 6 Manfaat Sujud dalam Shalat yang Harus Diketahui

SindoSumsel. Com, PALEMBANG–Kita melakukan sujud lebih dari 37 kali dalam sehari, tapi apakah pernah diantara kita ada yang berpikir apa saja sih manfaat dari sujud saat sholat. Mungkin belum, maka hadirnya atikel ini sebagai informasi alternatife untuk mengetahui manfaat dari sujud saat sholat.

Dalam pandangan islam gerakan sujud memiliki arti yang sangat dalam yaitu sebagai simbol pengakuan umat muslim sebagai makhluk tuhan yang penuh dengan segala kelemahan dan kehinaan di hadapan Allah SWT. Gerakan ini dilakukan dengan posisi tubuh menunduk serendah-rendahnya, yaitu hingga dahi menyentuh tanah.
Cara sujud yang baik dan benar dalam sholat adalah dengan menenpelkan dahi, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung jari kaki dengan sajadah yang kita pakai untuk sholat, serta gerakan tersebut di ulang-ulang dua kali dalam setiap rekaat.

Gambaran sujud suatu hamba kepada tuhannya adalah bentuk kesungguhan umat muslim untuk memohon doa dan ampunan kepada Allah Ta’laa. Sebagai tambahan informasi sujud merupakan salah satu gerakan yang wajib dilakukan umat muslim setiap kali melakukan sholat fardhu maupun sunah.

Sujud tidak hanya menjadi simbol semata, baru-baru ini sujud dalam sholat ditemukan memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber beberapa manfaat sujud dan pengaruhnya dengan kesehatan tubuh, berikut penjelasanya.

1. Melancarkan oksigen ke otak

Jika melakukan sujud otomatis posisi jantung akan berada diatas lebih tinggi diatas otak, dengan begitu darah bisa lebih baik mengalir ke dalam tubuh. Bahkan karena posisi kepala kita yang berada di bawah jantung dapat mendorong lebih banyak oksigen yang mengarah ke otak, ini dapat berguna untuk meningkatkan jutaan fungsi sel saraf dalam otak.

Baca :  Jaring Talenta Qori-Qoriah Berprestasi, Herman Deru Buka MTQ Tingkat SMA/SMK Se-Sumsel

2. Mengatasi insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan tidur untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Penyebab dari penyakit ini diantaranya stres, perasaan terlalu cemas, kebiasaan tidur yang buruk, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, penggunaan jenis obat tertentu dan banyak lagi.

Gerakan sujud dalam sholat bisa menjadi alternatife untuk menyembuhkan gejala insomnia. Hal ini terjadi karena dalam posisi sujud aliran darah menjadi lancar sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman, Selain itu sujud juga dapat menenangkan pikiran dan mententramkan hati.

3. Menghilangkan sakit kepala

Sakit kepala biasanya dialami karena stres, kemungkinan karena faktor pekerjaan dan faktor-faktor lainya. Nah bagi kalian yang sering mengalami sakit kepala akibat stres ataupun penyebab lainya mungkin kalian bisa coba alternatife yang satu ini.

Dalam sujud dahi yang menempel pada sajadah akan memberikan pijatan refleksi dan mengendorkan saraf muka, akhirnya memberikan peran baik dalam mencegah pusing dan sakit kepala (migran), serta dapat meregangkan otot leher yang kaku sehingga bermanfaat merilekskan pikiran akibat lelah bekerja.

4. Melancarkan getah bening

Baca :  Semarakkan Datangnya  Ramadhan, Hermam Deru Lepas Pawai Takbir Mobil Hias

Manfaat yang selanjutnya dalam sujud adalah melancarkan getah bening. Getah bening merupakan sebagian dari sistem limfatik yang berfungsi untuk melawan kuman, virus, parasit penyebab infeksi, membasmi sel kanker dan menghancurkan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh.

Posisi sujud yang meletakkan dahi, hadi, lutut, kedua telapak tangan, dan ujung jari bermanfaat untuk melancarkan aliran getah bening yang tersebar di berbagai bagian tubuh, seperti leher, ketiak, dada dan perut.

5. Melancarkan pernafasan

Dalam posisi sujud kita akan menaruh paru-paru dibawah perut sehingga menyebabkan tertekanya diafragma oleh otot perut. Ini merupakan kondisi abnormal fetra yang hanya bisa dilakukan saat sujud. Peristiwa ini akan mengeluarkan udara yang tersisa pada paru-paru. Proses pernapasan yang berlangsung dalam tubuh akan menjadi lebih baik dan paru-paru juga akan lebih sehat.

6. Melancarkan pencernaan

Pada Saat seorang muslim melakukan sujud kedua lutut yang ditekuk berguna mengatasi kejang dan kram otot. Selain itu, posisi badan yang menunduk serta dahi menempel pada permukaan tanah mampu membuat kerja sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.

Nah, kalian sekarang sudah tahu bukan beberapa manfaat dari sujud saat sholat, maka tunggu apalagi sekarang ambil sajadah kamu, mari berwudhu dan tunaikan shlat sebagai bentuk syukur dan ketaatan kita kepada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian ya.(sumber: unida gontor)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com