Minggu , 14 April 2024

Inilah Golongan Manusia yang Senantiasa Didoakan Malaikat, Apakah Kita Termasuk

SindoSumsel.com, PALEMBANG — Bisa didoakan malaikat merupakan kemuliaan yang luar biasa bagi manusia. Karena malaikat merupakan makhluk yang dekat dengan Allah SWT, sehingga setiap doanya pasti akan dikabulkan.

Ada banyak cara untuk memperoleh hal tersebut. Salah satunya adalah dengan mengamalkan perbuatan yang disenangi oleh Allah SWT dan malaikat.

Keutamaan tersebut berupa malaikat yang akan bershalawat kepada orang-orang tersebut. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadist berikut.

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan,” (HR. Imam Abu Dawud).

Keempat orang yang menyambung shaf salat. Tidak hanya yang berada di barisan depan salat jamaah, orang yang tidak membiarkan shaf salat kosong dengan mengisinya juga mendapatkan shalawat dari para malaikat.

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shaf,” (HR. Imam Ibnu Majah).

saat imam selesai membaca Al Fatihah. Dalam setiap ayat Al Fatihah yang dibaca imam, para malaikat akan mengamininya.

Namun, tidak hanya berhenti di situ. Malaikat juga akan mendoakan orang yang mengucapkan aamiin saat imam selesai membaca surat Al Fatihah.

“Jika seorang Imam membaca ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalinn’, maka ucapkanlah oleh kalian ‘aamiin’, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu,” (HR. Imam Bukhari dari Abu Hurairah).

Keenam, orang yang tetap duduk di tempatnya ketika selesai salat. Orang yang tetap duduk di tempat usai melaksanakan salat dan melaksanakan dzikir, maka ia akan didoakan malaikat. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist berikut.

“Para malaikat akan selalu berselawat (berdoa) kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia’,” (HR. Imam Ahmad).

Ketujuh, orang yang mampu melaksanakan salat jamaah saat subuh dan ashar. Saat memasuki waktu subuh, malaikat akan berkumpul. Begitu pula pada waktu ashar.

Ketika malaikat naik ke langit, maka ia akan ditanya tentang bagaimana keadaan orang yang ditinggalkan. Maka malaikat akan menjawab sesuai dengan bagaimana keadaan manusia pada saat itu. Oleh karena itu, jika manusia melaksanakan salat tepat waktu dan dengan berjamaah di waktu ini, akan lebih baik. Karena malaikat akan mendoakan orang tersebut.

Kedelapan orang yang mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya. Orang yang mendoakan kebaikan orang lain tanpa orang tersebut tahu, maka doanya adalah doa yang dikabulkan. Karena pada saat itu, malaikat ada menjadi wakil baginya. Hal ini sesuai dengan hadist berikut ini.

Baca :  PT CNG Hilir Raya Salurkan 150 Juta Zakat

“Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata ‘aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan’,” (HR. Imam Muslim).

Kesembilan, orang yang berinfaq. Orang yang berinfaq, maka akan mendapatkan keutamaan tersendiri. Ia akan didoakan malaikat agar mendapatkan ganti dari harta yang ia infaqkan. Sedangkan bagi orang yang pelit, maka malaikat juga akan mendoakan kehancuran hartanya.

“Tidak satu hari pun di mana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit (bakhil)’,” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Kesepuluh orang melaksanakan makan sahur. Hal ini menjadi alasan mengapa orang yang berpuasa dianjurkan untuk melaksanakan makan sahur. Karena orang yang melaksanakan amal ini, akan mendapatkan doa dari malaikat.

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat (berdoa) kepada orang-orang yang sedang makan sahur, Insya Allah termasuk disaat sahur untuk puasa sunnah,” (HR. Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath Thabrani).

Kesebelas, orang yang menjenguk orang yang sakit. Tak hanya orang yang sakit yang akan mendapatkan ampunan. Namun orang yang menjenguk juga akan mendapatkan doa dari para malaikat.

“Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70,000 malaikat untuknya yang akan bersholawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh,” (HR. imam Ahmad).

Keduabelas, orang yang mau mengajarkan kebaikan untuk orang lain. Mengajarkan kebaikan tak terbatas pada mengajarkan ilmu agama, namun juga ilmu lain yang bermanfaat dan berguna baik di dunia maupun akhirat.

“Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain,” (HR. Imam Tirmidzi).

Demikian golongan manusia yang akan didoakan malaikat. Semoga kita bisa menjadi salah satunya.(sumber: Mitrapost.com)