Minggu , 14 April 2024
Jelang Ramadhan Para Peziarah Mulai Datangi TPU
para pejiarah yang mulai penuhi TPU Naga Swidak

Jelang Ramadhan Para Peziarah Mulai Datangi TPU

Palembang,SindoSumsel.com—Menjelang ramadhan berziarah ke kuburan menjadi rutinitas yang dilakukan umat muslim di seluruh Indonesia, termasuk juga di Kota Palembang.

Pantauan wartawan di TPU Naga Swidak Jalan DI Panjaitan kecamatan Seberang Ulu II Palembang, Minggu (19/3/20230 terlihat ramai didatangi peziarah. Army warga sekitar lokasi mengatakan, bila di TPU tersebut selalu diramaikan oleh para peziarah mulai dari pagi hari sampai dengan malam hari

“Susah meninggalkan tradisi ini, karena kami melihat keluarga merupakan kenangan sewaktu dia masih hidup,Intinya dengan ziarah ini, kami berharap bisa diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT,” ujar Army.

Selain Army, Tedy yang juga tinggal tak jauh dari TPU menuturkan, bila  dirinya selalu menyempatkan diri untuk melakukan ziarah ke makam orang tua dan keluarga menjelang Ramadhan.

“Ini ziarah sering kami lakukan sebelum memasuki Ramadhan. Momen ziarah menjadi kegiatan rutin sekaligus silaturahmi kepada yang mendahului,” ungkap Teddy.

Baca :  Kabur Ke Batam Pelaku Bobol Rumah Mewah Berhasil Diringkus Polisi

Tradisi ini juga ternyata menjadi berkah bagi para penjual bunga yang berjualan di kawasan TPU Naga Swidak, satu penjual bunga Marisa (24) misalnya yang mendapatkan keuntungan sekitar Rp 200.000 ribu dalam sehari saat menjual bunga momen ziarah makam jelang Ramadhan.

“Detik-detik mau seminggu sudah mulai ramai, kalau hari biasa, kan, orang kerja. Kita tiap tahun pas musiman saja jualannya, nanti Idul Fitri kita ramai lagi,” kata Marissa di lokasi, Sabtu 18 Maret 2023.

Marisa mengatakan, tidak hanya bunga yang dijual, dirinya juga menjual botol yang berisi air mentah.”Selain itu, untuk harga kami menjual dengan seharga Rp 10 ribu sudah mendapatkan empat plastik bunga serta tempat botol yang berisi air mentah,” ujar Marissa. 

Baca juga: Cerita Bripka Firman Saat Menolong Monyet Yang Jadi Korban Tabrak Lari