Kabupaten Muba Masifkan Optimalisasi Pajak Pusat dan Daerah

SindoSumsel. Com, SEKAYU- Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Pj Sekda Musni Wijaya SSos MSi melaksanakan giat dalam rangka seremoni Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) optimalisasipemungutan pajak pusat dan pajak daerah antara Direktorat Jenderal Pajak(DJP), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) dan PemerintahDaerah Tahap IV Tahun 2022 secara Virtual di Aula Cakti Buddhi Bhakti, Kamis (15/9/2022).

Prosesi Penandatanganan Dokumen perjanjian kerjasama ini diikuti oleh 86 pemerintah daerah dibagi menjadi 11 sesi dan dilakukan secara serentak. Dokumen perjanjian kerjasama resmi ditandatangani oleh Pj Sekda Muba Musni Wijaya SSos MSi berlangsung di Ruang Rapat Serasan Sekate gedung Pemkab Muba.

Baca :  Herman Deru Inginkan Peran Permatabagsel Majukan Bumi Sriwijaya

Direktur Jendral Pajak Suryo Utomo dalam kesempatan ini mengatakan Penting bagi kita untuk melakukan sinergi untuk melakukan pengawasan wajib pajak.

Dikatakannya, antara pusat dan daerah tujuannya adalah mengumpulkan pajak pusat dan daerah untuk membiayai belanja yang ada maupun yang ada di daerah karena sumber pajak ada di daerah masing masing.” Mengumpulkan penerimaan negara tidak hanya dapat dilakukan oleh satu instansi saja maka dari itu dibutuhkan sinergitas antara pusat dengan daerah memiliki tujuan yang sama yaitu mengumpulkan penerimaan,”ungkapnya.

Ia juga optimis. “Tahun 2023 mendatang penerimaan pajak pasti akan meningkat, karena dilihat dari setiap jumlah anggaran pendapatan belanja negara, penerimaan dari sisi pajak mengalami peningkatan, dan saya yakin juga sama yang ada di pemerintah baik pemerintah provinsi, kota maupun Kabupaten,”terangnya.

Baca :  DPP IKAPTK Sumsel 2021-2026 Dikukuhkan

Lanjutnya, “Perjanjian kerjasama menginginkan atau mengharapkan adanya kolaborasi untuk peningkatan kapasitas di masing-masing unit atau instansinya. Kami sangat terbuka kami memiliki sekitar 360-an Kantor Pelayanan Pajak, dan kami memiliki 34 kantor wilayah Indonesia dan InsyaAllah hampir setiap tempat kami memiliki konektivitas dengan daerah masing-masing. Jadi sangat terbuka bagi kita untuk melakukan koordinasi komunikasi dan juga kebersamaan dalam peningkatan kapasitas masing-masing. (Ril/Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com