Puluhan tukang becak yang ada di Kota Palembang, mengikuti perlombaan becak yang diselenggarakan oleh Tokoh Masyarakat, H. Ali Hasan, atau akrab disapa Ali Singo, pada hari Sabtu (19/8/2023).
Puluhan tukang becak yang ada di Kota Palembang, mengikuti perlombaan becak yang diselenggarakan oleh Tokoh Masyarakat, H. Ali Hasan, atau akrab disapa Ali Singo, pada hari Sabtu (19/8/2023).

Kemeriahan Balap Becak di Palembang

SindoSumsel.com, Palembang — Puluhan tukang becak yang ada di Kota Palembang, mengikuti perlombaan becak yang diselenggarakan oleh Tokoh Masyarakat, H. Ali Hasan, atau akrab disapa Ali Singo, pada hari Sabtu (19/8/2023).

Terlihat, mereka sangat antusias mengikuti acara tersebut dengan memakai baju polo shirt putih dan menghiaskan becaknya dengan bendera merah putih.

“Benar, kita menggelar lomba dayung becak cepat, jadi ini kita laksanakan lomba dayung becak dengan cepat, dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke 78.” ujar Ali Hasan didampingi Kusdarmawan, koordinator acara, kepada wartawan.

Lomba yang diikuti 70 pengemudi becak ini, dibuat untuk memberikan hiburan masyarakat di wilayah Seberang Ulu. “Peserta ada 70 orang, yang mengikuti lomba ini, seluruhnya berprofesi sebagai tukang becak yang perekonomiannya kurang mampu, oleh itu kita lomba ini untuk menghibur mereka di hari kemerdekaan RI ke 78.” katanya.

Baca :  Rumah Zakat Sumsel Gelar Gebyar Muharam 1445 H

Ditambahkannya, hadiah juara pertama 3 juta, juara kedua 2 juta, dan juara ketiga 1 juta. Kegiatan lomba seperti ini rencananya akan dilaksanakan setiap tahun, asalkan ada rejekinya. “bagi yang tidak menang tetap diberikan baju kaos, uang Rp 50 ribu dan nasi bungkus.” tutupnya.

Sementara itu, di jalannya lomba, persaingan ketat diperlihatkan oleh para peserta, apalagi di dua meter sebelum finish, yang mana Ketik (43) memperlihatkan skillnya menyalip lawan untuk melaju ke putaran selanjutnya.

Alhasil meski dia melaju ke babak berikutnya, tapi becak yang dikendarainya itu jatuh tergelincir saat finish. “Iya tadi jatuh karena di sempet menyalip lawan di depan 2 meter. Kalau juara nanti uangnya mau benerin rumah.” katanya. (do)