Ketua Kodrat Sumsel Bangkitkan Tarung Derajat di Sumsel

SindoSumsel. Com–Tarung Derajat, salah satu olahraga bela diri asli Indonesia, kini mendapatkan semangat baru di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Drs. Tamrin M.Si, yang baru saja terpilih sebagai Ketua Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Sumsel periode ini, memiliki motivasi kuat untuk menghidupkan kembali olahraga tradisional tersebut.

Tamrin berbagi tentang motivasinya. “Tarung Derajat adalah suatu produk dari Indonesia, sebuah karya asli anak bangsa. Sejarahnya bahkan pernah dipertandingkan di Asian Games. Namun, sayangnya, olahraga ini telah terlupakan. Motivasi saya adalah untuk menghidupkan kembali olahraga tradisional ini, dan dorongan dari teman-teman di sini mendorong saya untuk menjadi Ketua Tarung Derajat Sumsel,” ungkap Tamrin usai Musyawarah Provinsi Kodrat Sumsel di Hotel Swarna Dwipa, Minggu (18/06/2023).

Langkah pertama yang diambil oleh Ketua Kodrat Sumsel adalah membangun kembali sekretariat dan menghidupkan kembali organisasi Tarung Derajat. Selain itu, Drs. Tamrin M.Si juga akan memperhatikan pelatihan bagi para atlet, sebagai sumber daya yang berkualitas untuk mengembangkan Tarung Derajat.

“Dalam jangka panjang, tujuan kami adalah mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON), serta kejuaraan tingkat Asia seperti SEA Games dan Asian Games. Sesuai dengan motto dari guru kami, Pak Ahmad Drajat, kami ingin bisa mengibarkan bendera Indonesia di kancah internasional,” tambahnya.

Baca :  FIFA Mulai Cek Stadion Glora Sriwijaya Jakabaring Palembang

Namun, tidak hanya fokus pada tujuan jangka panjang, Drs. Tamrin M.Si juga berkomitmen untuk mengembangkan Tarung Derajat secara lokal. “Dalam jangka pendek, kami akan membentuk pengkabupaten dan satuan latihan di daerah-daerah kabupaten untuk mencari bakat-bakat potensial. Jika ada acara atau kompetisi, kami ingin memiliki bibit-bibit yang siap berprestasi,” lanjutnya.

Masyarakat anggota Kodrat Palembang, salah satu anggota dari organisasi Tarung Derajat, berharap bahwa perkembangan olahraga ini di Sumsel akan semakin maju. Wahyu, salah satu anggota Kodrat Palembang, mengungkapkan harapannya, “Kami berharap agar Tarung Derajat di Sumsel bisa berkembang lebih pesat lagi. Mulai dari para atletnya, manajemen, hingga prestasi yang diraih. Kami tidak ingin olahraga ini mengalami vakum lagi.”

Dengan semangat dan tekad yang kuat, Drs. Tamrin M.Si berharap dapat membentuk pengurus yang solid dan berkolaborasi dengan baik untuk mengembangkan Tarung Derajat di Sumsel. “Kami tetap optimis bahwa Tarung Derajat di Sumsel akan menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (Ril)