Kamis , 22 Februari 2024
Kisah Mahasiswa Indonesia Mendapatkan Pengalaman Kerja di Produsen Suku Cadang Mobil Jaguar dan Land Rover
Lidwyna Princessa Herwindo saat berada di Produsen Suku Cadang Mobil Jaguar dan Land Rover

Kisah Mahasiswa Indonesia Magang di Produsen Suku Cadang Mobil Jaguar dan Land Rover

Surabaya, SindoSumsel.com— Lidwyna Princessa Herwindo mahasiswi semester 6 Program Desain Komunikasi Visual (DKV) UKP, Surabaya yang menerima beasiswa dari Coventry University untuk menjalani magang di Jaguar Land Rover (JLR).

Perempuan cantik tersebut mendapatkan kesempatan magang di perusahaan otomotif multinasional ternama asal Inggris yang bergerak di bidang produksi kendaraan mewah di Mercia Park, pusat logistik dan kompleks pergudangan suku cadang global milik Jaguar Land Rover (JlR).

Program magang ini merupakan perjanjian kerja sama bilateral antara Universitas Kristen Petra (UK Petra) dan Coventry University, yang memungkinkan mahasiswa dari UK Petra untuk mendapatkan pengalaman kerja melalui program magang selama satu semester di Inggris.

Program magang ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UK Petra, karena program ini memberikan kesempatan belajar dan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga bagi para mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mereka di dunia kerja global.

Selama magang, ia dibimbing oleh Prof. Benny Tjahjono, yang merupakan Profesor di bidang Sustainability dan Supply Chain Management, Centre for Business in Society (CBiS) (https://www.coventry.ac.uk/research/areas-of-research/business-in-society/). CBiS adalah salah satu pusat riset di Coventry University yang memiliki jejaring industri yang luas, sehingga memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan magang.

 Keterlibatan di Proyek Mercia Park dan Penggunaan Media Visual dalam Berkomunikasi Mercia Park adalah proyek besar yang sedang berlangsung yang bertujuan untuk mengkonsolidasikan suku cadang aftermarket mobil Jaguar dan Land Rover di satu lokasi gudang. Proyek ini sangat penting untuk memberikan layanan kelas dunia dan dukungan kepada para pelanggan dari berbagai pelosok dunia.

Dalam proyek besar seperti Mercia Park, komunikasi bisa menjadi tantangan tersendiri, karena kesibukan semua orang yang terlibat di dalamnya, sehingga sangat penting untuk menjaga lingkungan kerja yang positif dan kerja sama tim yang efisien. Sebagai mahasiswa DKV, Lidwyna ditugaskan untuk membantu anggota tim meningkatkan komunikasi internal dan eksternal dengan menciptakan konten yang menarik secara visual.

“Tampilan visual itu lebih menarik perhatian dan bisa menyampaikan informasi yang kompleks dengan lebih cepat sekaligus menambah dampak emosional. Bagan, diagram, dan ilustrasi dapat menjelaskan proses dan data yang rumit dengan mudah, dan ini sangat membantu. Sebagai pelajar Indonesia di Inggris, penggunaan media visual untuk berkomunikasi dapat mendobrak hambatan bahasa,” kata Lidwynne Princessa Herwindo.

Kisah Mahasiswa Indonesia Mendapatkan Pengalaman Kerja di Produsen Suku Cadang Mobil Jaguar dan Land Rover

Hasil dari proyek ini mencakup beberapa media komunikasi visual yang dapat digunakan oleh tim komunikasi untuk mengikutsertakan para pemangku kepentingan dalam mengkomunikasikan berita dan informasi terbaru dari perusahaan, dan mempromosikan proyek-proyek di JLR kepada publik melalui jangkauan media dan media sosial. Dengan menggunakan konten yang kreatif dan menarik secara visual, proyek ini diharapkan untuk bisa meningkatkan keterlibatan dan komunikasi di dalam perusahaan, meningkatkan berbagi ilmu lintas fungsi kerja, dan meningkatkan tingkat keterlibatan komunikasi internal.

Baca :  Tidak Terima Anaknya Hamil Serta Digilir Oleh Teman dan Pacarnya, Orang Tua di Palembang Lapor Polisi

 

Menurut Lidwynne, yang telah mendapatkan pengalaman berharga saat bekerja di JLR, membangun kerja sama tim dan ikatan yang kuat di tempat kerja membutuhkan lebih dari sekedar pengetahuan dasar tentang apa yang dilakukan oleh rekan kerja di kantor. Ia percaya bahwa saling mengenal secara individu di luar pekerjaan sangatlah penting, karena ini akan membangun kepercayaan, empati, dan kolaborasi.

 

“Untuk mencapai hal ini, saya berkomunikasi tidak hanya tentang hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, tetapi juga hal-hal lain diluar pekerjaan. Sebagai contoh, saya berbagi informasi tentang hobi mereka, kegiatan akhir pekan, dan acara yang akan datang, seperti hari ulang tahun. Pentingnya keterampilan ilustrasi dan copywriting yang diperolehnya selama masa studinya di UK Petra. Saya menyadari bahwa ilustrasi memiliki potensi untuk meningkatkan daya tarik visual, menyederhanakan informasi yang kompleks, membangkitkan emosi, dan menceritakan sebuah cerita dengan efektif,” ungkap Lidwyna.

 

Demikian pula, copywriting memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan secara efektif dalam desain komunikasi visual. Lidwyna menerapkan keterampilan ini dengan memanfaatkan media seperti buletin, yang pada akhirnya menggabungkan pengetahuan copywriting dan ilustrasi editorialnya untuk menarik perhatian dan meningkatkan dampak visual.

 

Pengalaman dan Dukungan terhadap Program Magang

 

“Di JLR, semua orang sangat ramah sehingga membuat saya merasa nyaman untuk datang ke kantor, meskipun saya adalah satu-satunya peserta magang. Saya juga memuji lingkungan kerja yang nyaman di kantor JLR di Mercia Park dan Whitley,” kata Lidwyna.

 

Menurut Lidwyna, pengalaman kerjanya di JLR merupakan suatu kehormatan dan kesempatan berharga untuk belajar tentang pentingnya komunikasi, sekaligus mengembangkan keterampilannya dalam desain komunikasi visual. Bahwa sangat luar biasa bisa bertemu dan belajar dari rekan-rekan kerja dari berbagai negara dan budaya yang berbeda, yang telah mengajarkannya banyak hal tentang kerja sama tim.

 

Lidwyna juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Coventry University yang telah mensponsori magangnya di JLR di Inggris. Secara khusus Lidwyna berterima kasih kepada Dr. Listia Natadjaja (Ketua Program Studi DKV) dan Dr. Dwi Setiawan (Dekan Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif di UK Petra), atas dukungan penuh mereka. Ia juga mengakui bahwa kesempatan emas yang diperolehnya telah meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan interpersonalnya, sehingga memungkinkannya untuk mendapatkan keterampilan yang berharga untuk kesuksesan karir masa depannya.

 

“Saya berharap kelak kemitraan antara Coventry University dan UK Petra akan terus berkembang, sehingga membuka lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa UK Petra lainnya untuk merasakan pengalaman bekerja dan belajar di perusahaan kelas dunia seperti JLR,” ungkap Lidwyna

Baca juga: Nelayan di Banyuasin Ini Mengaku Polisi dan Bawa Kabur Motor Matic Korbanya