Kloter 22 di Bandara SMB II Palembang.

Kloter 22 Datang, Pemulangan Debarkasi Palembang Berakhir 2 Agustus Malam

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Sebanyak 356 jemaah haji kloter 22 Debarkasi Palembang tiba di Tanah Air, Selasa (1/8) malam. Total jemaah haji Debarkasi Palembang yang sudah kembali berjumlah 7.859 orang.
Penyambutan kloter 22 digelar di Aula Asrama Haji Sumsel.

Hadir antara lain Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel H. Abdul Hamid, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Armet Dachil, Kepala Bidang Urusan Agama Islam H. Efriansyah, Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang H. Saefudin, Kabag Agama Pemprov Sumsel H. Sunarto, Kepala Kantor Kemenag OKI H. Syarif, Direktur Swarna Dwipa Pengelola Asrama Haji Sumsel H. Rebo Iskandar Pohan, dan unsur PPIH Debarkasi Palembang.

Ketua Kloter 22 H. Abdurrosyid Hasan Syarif dalam laporannya menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci beberapa waktu yang lalu, jemaah kloter 22 berjumlah 360 orang. Namun tiga orang meninggal di Tanah Suci dan satu jemaah sudah pulang lebih awal bersama kloter 3. Sehingga yang kembali ke Tanah Air berjumlah 356 orang. “Alhamdulillah, jemaah kloter 22 dapat menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci dengan baik,” jelas Abdurrosyid.

Baca :  Jakarta Pertamina Fastron Juara Putaran Pertama  

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil menjelaskan, dengan kedatangan jemaah haji kloter 22, Debarkasi Palembang hingga saat ini telah menerima kedatangan 7.859 jemaah dengan rincian Sumsel 6.689, Babel 1.061, dan 109 petugas kloter. Adapun jemaah yang meninggal 38 orang dengan rincian 33 jemaah meninggal di Arab Saudi, satu jemaah di embarkasi, dan empat jemaah di debarkasi.

Menurut Armet, tahun ini embarkasi Palembang sendiri memberangkatkan 8.505 jemaah. Pada hari terakhir pemulangan yaitu tanggal 2 Agustus, ada dua kloter lagi yang datang yakni kloter 23 dan kloter 24,” jelas Armet.

Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel H. Abdul Hamid dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada jemaah kloter 22. Abdul Hamid menyampaikan salam dari Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang tidak bisa menyambut langsung kedatangan jemaah. Dia yakin jemaah kloter 22 semuanya pulang dengan membawa predikat haji mabrur.

“Terima kasih kepada petugas kloter yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Pun dengan jemaah yang telah menjaga kekompakan dan kebersamaan selama menjalankan ibadah haji,” ujar Abdul Hamid.